4 Pantai di Tulungagung Berstatus Siaga Gelombang Tinggi

Editor: / Reporter:

Nelayan mengevakuasi kapal yang terhempas

jatimnow.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung menetapkan empat pantai sebagai kawasan siaga gelombang tinggi dan banjir rob. Ke empat pantai tersebut adalah Sinetron, Popoh, Sidem dan Brumbun.

“Pemukiman warga di empat pantai ini sangat dekat dengan tepi laut, hanya berjarak 10 hingga 20 meter saja,” ujar Kepala BPBD Tulungagung, Soeroto.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gelombang tinggi diperkirakan akan terus terjadi hingga tanggal 29 Juli. Ketinggian gelombang bervariasi antara 2 hingga 6 meter. “Masyarakat sekitar serta pengunjung pantai harus selalu waspada,” imbuhnya

Untuk mengantisipasi adanya korban, pihak BPBD menyiagakan para relawan di setiap pantai. Mereka akan melaporkan secara berkala kondisi tinggi gelombang.

Hingga saat ini BPBD menyatakan belum ada korban jiwa maupun bangunan rusak yang disebabkan gelombang tinggi maupun banjir rob.

Sementara itu tingginya gelombang juga menyebabkan para nelayan tidak melaut. Mereka sudah tidak mencari ikan lagi sejak seminggu lalu. “Terlalu berisiko jika nekat melaut, cuaca dan ombaknya tidak bagus,” ungkap Agus, salah seorang nelayan di Pantai Sidem.

Untuk sementara, para nelayan memilih untuk beraktivitas di rumah, seperti memperbaiki jalan atau bekerja di ladang. Meskipun begitu, mereka tetap memantau perahu yang ditambatkan di tepi pantai. “Kalau tidak diawasi bisa hancur terkena gelombang tinggi,” pungkasnya.

Reporter: Wanda R Putri
Editor: Erwin Yohanes

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter