Bupati Bojonegoro Terpilih Bicara Perempuan Berpolitik di London

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah saat berbicara pada acara Young Indonesian Professionals' Association

jatimnow.com -Bupati Bojonegoro terpilih Anna Mu'awanah  diundang Young Indonesian Professionals' Association in Britain, untuk berbicara tentang peran perempuan berpolitik di Indonesia.

Anna memberikan paparan di Accenture UK HQ, Plantation Place, London, EC3M3BD.

Dalam acara tersebut, Anna yang sudah tiga kali duduk di kursi DPR RI dari Fraksi PKB ini menerangkan, dalam 20 tahun terakhir ini, perempuan didorong untuk berperan aktif di semua jajaran pengambil kebijakan.

"Termasuk legislatif (DPR) punya undang-undang yang mewajibkan 30 persen perempuan sebagai calon legislatif," ujar Anna kepada jatimnow.com, Sabtu (28/7/2018).

Ia menambahkan, perempuan tidak hanya berperan di legislatif, namun juga bisa berproses di wilayah eksekutif seperti menjadi bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota, gubernur maupun wakil gubernur.

Apakah tantangan yang dihadapi perempuan di wilayah legislatif dan eksekutif itu sama yang dihadapi politikus pria?

"Soal tantangan, ya hampir sama dengan kaum pria. Semua harus berlomba dan berkompetisi," katanya.

Anna menerangkan, kenapa dirinya yang sudah berkecimpung di DPR RI selama tiga periode, kemudian pada Tahun 2018 ini, dirinya ikut kontestasi di Pilkada Kabupaten Bojonegoro 2018 sebagai calon bupati.

"Dari parlemen ke bupati, why? Kita bicara kewenangan dulu. Kalau DPR punya kewenangan tiga. Anggaran, membuat undang-undang bersama pemerintah, dan pengawasan," tuturnya sambil menambahkan, DPR tidak bisa langsung melakukan eksekusi jika ada keluhan masyarakat. DPR hanya bisa menyampaikan keluhan tersebut pada pemerintah untuk direncanakan  dan dieksekusi.

"Kalau eksekutif, berangkat dari perencanaan (kebutuhan) sampai dengan penyelesaian di tatanan riil. Termasuk membuat payung hukum bersama-sama (legislatif) sesuai kebutuhan," terangnya.

Bicara Migas

Anna yang pada September 2018 nanti dilantik sebagai Bupati Bojonegoro ini
juga menjelaskan potensi Kabupaten Bojonegoro sebagai daerah penghasil minyak dan gas bumi (migas).

Sedangkan SDA di sektor pertanian di Bojonegoro masih sangat berlimpah. Ada sekitar 47 persen kepala keluarga (KK) dari jumlah penduduk di Bojonegoro yang menjadi petani.

Anna yang berpasangan dengan Wakil Bupati Budi Irawanto (Wawan) memiliki 17 program prioritas. Diantaranya 2 program unggulan di sektor pertanian dan pedagang kecil.

"Di sektor pertanian,menerbitkan KPM (Kartu Petani Mandiri). Serta Kartu Pedagang Ngayomi Ngopeni (KPNN) untuk membantu skala mikro pedagang kecil," jelasnya.

Dihadapan profesional muda Indonesia yang ada di Britania, Anna mengajak mereka untuk berinvestasi di wilayah Bojonegoro.

"Datang ke Bojonegoro dan berinvestasi di sana, dan akan menggalakkan sektor pariwisata alam yang sangat indah dan kota sejarah," terangnya.

Reporter: Jajeli Rois
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter