Pixel Codejatimnow.com

Begini Penampakan Sawo Jumbo Seberat Hingga 2,5 Kg Per Buah

Editor : Sofyan Cahyono  Reporter : Mita Kusuma
Sawo jumbo.(Foto: Mita Kusuma)
Sawo jumbo.(Foto: Mita Kusuma)

jatimow.com - 1 Kg sawo biasanya terdiri atas 5-6 buah. Namun tidak untuk sawo yang dibudayakan Zacky Arista Kencana Putra. Satu buah beratnya bisa mencapai 2,5 kilogram. Sawo yang dibudidayakan bapak satu itu berjenis Mamey Sapote. Orang mengenalnya dengan nama Sawo Amerika.

jatimnow.com sempat mengunjungi rumah Zacky di Jalan Rumpuk, Kelurahan Kertosari, Kabupaten Ponorogo. Tampak ada satu pohon sawo dengan buah berukuran jumbo.

Satu buah sawo sudah matang. Untuk lebih menyakinkan, buah sawo yang matang ditimbang menggunakan timbangan elektrik. Benar adanya, buah sawo itu seberat 1,6 kilogram.

“Tidak mengenal musim memang. Usia pohonnya sudah belasan tahun,” ujar Zacky saat ditemui di rumahnya, Rabu (19/10/2022).

Sawo jumbo.(Foto: Mita Kusuma)Sawo jumbo.(Foto: Mita Kusuma)

Dia mengaku membeli bibit sawo Mamey Sapote atau Sawo Amerika dari salah satu pembudidaya di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Ada dua bibit yang dibeli kala itu.

Hanya saja saat dibawa ke Bumi Reog, satu bibit lainnya ada yang meminati. Kemudian dibeli dengan harga cukup tinggi.

Baca juga:
Bukan Caleg Depresi di Ponorogo Yang Datangi Dokter Jiwa, Tapi Malah Ini..

Bibit yang dibeli dengan harga Rp3,5 juta, 4 tahun kemudian berbuah. Awalnya hanya 6 buah. Kemudian terus berkembang dan sekarang sekarang bisa ratusan buah.

Menurut Zacky, buah muncul secara bergantian. Tidak langsung ratusan buah. Ketika satu buah sudah seberat sekitar 1 kilogram, kemudian muncul bunga baru.

“Setiap saat berbuah. Tidak ada masa panennya,” tegas pria berusia 33 tahun ini.

Baca juga:
Besok Uji Coba Jalan Searah Segi 8 Emas Ponorogo, Perhatikan Rambu-rambu!

Untuk sawo ini tidak ada perlakukan khusus. Pencegahan hama hanya menggunakan pestisida. Juga diberi pupuk seperti pohon lainnya dan dilakukan penyiraman.

Masalah rasa, Zacky mengaku ada sedikit seperti ketela, rasa waluh dan sawo. Jadi setiap orang berbeda mendifiniskan saat memakannya.

“Sekilo biasanya 7-8 sawo. Jadi kalau sawo ini, satu buahnya mencapai 10 buah sawo yang biasanya itu,” pungkasnya.