Viral, Bocah di Surabaya Diduga Mengidap Gizi Buruk

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Arry Saputra

Aldi bersama sang ibu di kamar kos di Jalan Kedung Baruk.

jatimnow.com - Seorang bocah berusia 10 tahun mengidap penyakit gizi buruk, viral di media sosial.  Bocah tersebut bernama Aldi Slamet Nugroho (10) anak dari pasangan Eko Basuki (33) dan Alfiyahtus Djupriyah (30).

Sudah 2 tahun ini ia menghabiskan waktunya di tempat tidur dan duduk di kamar kos yang berada di Jalan Kedung Baruk, Surabaya.

Orang tua Aldi Eko Basuki, menceritakan penyakit gizi buruk yang diderita anaknya ini berawal dari demam tinggi yang dirasakan Aldi saat usia 7 tahun.

Kemudian ia memeriksakannya ke dokter namun demamnya tak turun dan Aldi tak kunjung sembuh.

"Dulu dari lahir sampai usia 3,5 tahun Aldi ini baru bisa jalan kaki, setelah itu jalannya nggak normal seperti anak lain pada umumnya namun tidak ada indikasi apapun," terang Eko saat ditemui di kos yang dihuninya di Jalan Kedung Baruk, Senin (30/7/2018).

Lebih lanjut Eko menjelaskan saat sekolah bermain bersama teman-temannya jatuh kemudian tidak bisa jalan. Dan sebagai orang tua ia sudah mengupayakan demi kesehatan anaknya.

"Dari situ mulai ada kondisi fisik dari Aldi yang semakin lemah kakinya, lemas dan kemudian dibawa ke rumah sakit opname tetapi dokter menyebutkan tidak ada gejala apapun.

Dari pihak rumah sakit juga tidak memvonis, akhirnya saya bingung. Ada indikasi dari temen dan tetangga kalo anak saya terkena lupus atau gizi buruk," ujarnya.

Eko juga mengatakan bahwa sudah mengupayakan anaknya berobat hingga melakukan terapi semacam pijat saraf di luar kota, namun tak kunjung ada perubahan dan kondisi Aldi semakin memburuk.

"Saya ke Nganjuk berangkat bersama saudara diantar, kemudian sama orangnya disarankan untuk beli nutrisi sama madu sampai Rp 2 juta. Tiap minggu bolak-balik jalan beberapa bulan, kaki dan tangan seperti menempel lengket, nutrisi sudah dijalankan tapi kondisi semakin parah, tulang kayak kering gosong," katanya.

Setiap harinya Aldi mengkonsumsi susu nutrisi Nutrinidrink dengan harga Rp 150 ribu per 400 gramnya untuk mengembalikan kondisi tubuhnya akibat gizi buruk.

Eko mengatakan setiap hari Selasa dan Jumat ia mengantarkan anaknya untuk cek up ke RSU dr Soetomo. Hingga saat ini kondisi Aldi mulai membaik.

"Ini sudah mulai membaik yang dari awal tangannya ga bisa digerakkan karena kaku sekarang sudah bisa, saya berharap anak saya segera diberi kesembuhan dan sehat seperti anak-anak pada umumnya," harap Eko.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter