Pulang dari Taiwan, TKW Asal Ponorogo ini Linglung

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Screenshot postingan Facebook yang viral/Mita Kusuma

jatimnow.com - Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Ponorogo kembali viral di dunia maya. Kali ini, terkait TKW pulang dalam keadaan sakit.

Awalnya, informasi yang viral itu terdapat di Komunitas Semua Tentang Ponorogo. Unggahan tersebut berbunyi:

Info Penting. Mohon dibaca seksama. 

Pulang Dalam Keadaan Sakit, Warga Asal Sraten Jenangan Butuh Penjemputan Keluarga.

Seorang warga yang dalam kartu identitas bernama WIWIK ENISA asal RT 02 RW 02 desa Sraten Kecamatan Jenangan, saat ini membutuhkan pertolongan karena pulang dari bekerja di Taiwan dalam keadaan sakit dan bingung. 

Bagi tetangga, teman yang mengenali kontak keluarga, mohon menginformasikan pada keluarga dirumah. 

Info sementara, warga tersebut akan pulang nanti sore tujuan Bandara Juanda. Selama di Bandara Taiwan, mbak Wiwik didampingi oleh Mbok Cikrak 

Adapun hal lain mohon sementara tidak dibahas dulu  dan mari fokus pada point memberi tahu keluarga.

Info: Mia Rustioko.

Postingan tersebut diunggah di fanpage Facebook Seputar Ponorogo, Minggu (29/7/2018) pukul 07.43 Wib. Hingga Senin (30/7/2018), ada 2.210 netizen yang menyukai postingan ini. Bahkan, ada 1.299 netizen berkomentar dan 688 membagikan.

Salah satu netizen dengan akun Bunglonzzz Reogs berkomentar:

"Sampai rumah maslh hrus diusut tuntas. tegak kan keadilan bagi dia...hak hak dia.........pemerintah harus mau turun.tangan membantu dan menyelesaikan....pihak PT juga hrus bertanggung jwb...seharusnya BMI dalam.keadaan seprti ini tidak boleh pulang......pulang pun hrus keadaan sembuh kalo mmg dia sakit.... #SAVEBMI"

Netizen lain, Ummi Zahra berkomentar:

"Mung iso ngelus Dodo ro tarik nafas dowo aku...nyesek rasane nyawang koyo ngene ki ...

Koyo Melu ngrasakne nelongso...mugo kabeh kuat nglakoni cecobaning Urip iki"

(Cuma bisa mengelus dada dan tarik nafas panjang aku. Rasanya sakit melihat seperti ini. Seperti ikut merasakan sakit hati. Semoga semua kuat menjalankan cobaan hidup ini).

Berdasarkan informasi viral itu, jatimnow.com mencoba mendatangi rumah TKW yang ada di Desa Sraten, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Ternyata, pada saat itu Wiwik sudah berada di rumahnya.

Namun, Wiwik hanya bisa diam, seolah berpandangan kosong. Keluarganya pun tidak berani bertanya lebih dalam tentang keadaan Wiwik.

"Tadi subuh baru sampai. Saya sendiri belum berani tanya kepada istri saya. Ya memang saya biarkan," kata Imam Mustofa, suami dari Wiwik, Senin (30/7/2018).

Ia mengaku, keberatan jika sang istri dikatakan depresi. Karena menurutnya, sang istri bukan depresi hanya perlu waktu sendiri.

Di sisi lain, Imam belum berani mengatakan mengapa sang istri berdiam diri. Apalagi sejak sebulan lalu tidak pernah ada komunikasi.

"Sejak sebulan lalu tidak ada kabar. Kabar-kabar malah di Facebook sangat ramai. Saya sengaja tidak muncul di media sosial," katanya.

Mustofa pun mengakui bahwa di Facebook beredar info bahwa sang istri pulang dalam keadaan sakit, sehingga dia pun langsung melacaknya. "Termasuk menghubungi temannya," kata dia.

Setelah diketahui bahwa sang istri akan mendarat di Bandara Juanda pada Sabtu (29/7/2018), pukul 21.30 Wib, ia pun langsung berangkat. Beruntung, saat di bandara ketemu dengan orang perusahaan (PT) yang memberangkatkan istrinya ke Taiwan.

"Kami pun ketemu dan langsung ke ruang konfirmasi keluarga, sehingga saya langsung bawa pulang," pungkasnya.

 

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter