Pixel Code jatimnow.com

Kelezatan Rujak Cingur Bu Bokin Jombang Manjakan Lidah 2 Presiden Indonesia

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Bu Bokin sedang mengolah rujak cingur. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Bu Bokin sedang mengolah rujak cingur. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bagi penikmat kuliner, wajib mencicipi rujak cingur legendaris yang ada di Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Rasa yang mantap di lidah membuat rujak cingur yang berdiri sejak tahun 1982, itu diminati para pejabat hingga presiden.

Rujak cingur legendaris itu adalah bikinan Bu Bokin. Lokasinya tak jauh dari kantor Polsek Jombang kota, yang ada di Jl. Wisnu Wardhana No.42, Kaliwungu, Kecamatan Jombang. Tepatnya berada di sebelah timur kantor Polsek.

Pemilik warung rujak cingur legendaris, Alfiah atau Bu Bokin ini menjelaskan, awal mula berjualan rukan lantaran, tak mau cekcok dengan pelanggan di toko kelontong miliknya.

"Awalnya ya jualan gerabah, baju, minyak tanah. Banyak yang utang. Dari pada ramai (ribut) sama orang lebih baik nyobak usaha ini (jualan rujak cingur, red)," terang Bu Bokin, Kamis (27/10/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, mengawali usaha ini juga karena warga masyarakat sekitar rumahnya sangat menyukai olahan rujak cingur yang dibuatnya.

"Pelanggan ya awalnya dari sini, sampai 5 tahun itu," katanya.

Ia mengungkap beberapa pejabat yang pernah membeli rujaknya, antara lain istri Bupati Jombang periode 1988 hingga 1993, Kolonel Inf. Tarmin Hariadi memesan rujak cingur buatannya.

"Itu Bu Tarmin, minta tolong carikan rujak tapi yang bersih lah istilahnya. Terus ke sini lha kok cocok. Jadi setiap ada acara pasti rujak," paparnya.

"Banyak pejabat yang lain, kayak istri Pak Nyono, Bu Catur itu ke sini, banyak kalau Bupati. Kalau presiden yang pernah pesan itu Gus Dur, dan Pak Jokowi saat meresmikan monumennya Gus Dur," sambungnya.

Baca juga:
Mencicipi Kuliner Legendaris di Kediri, Soto Ayam Bok Ijo Wajib Dicoba

Ia mengaku rujak cingur buatannya ini berbahan seperti rujak cingur pada umumnya. Namun ada petis khas yang membedakan rujak cingur buatannya dengan rujak cingur lainnya.

"Bahannya ya trasi, gula, asem, ya sama petis," tegasnya.

Harga rujak ini juga sangat terjangkau. Setiap porsi hanya Rp18 ribu. Dulu ia bisa membuat ratusan porsi ruka tiap hari. Namun kini ia sudah tidak kuat lagi membuat rujak hingga ratusan porsi.

"Rata-rata dibungkus rujaknya. Kalau sekarang buka jam 11 sampai jam 3 saja. Ya sengaja dibatasi," pungkasnya

Letak rujak cingur Bu Bokin yang tak jauh dari Polsek Jombang Kota, juga membuat sejumlah polisi makan siang rujak di tempat Bu Bokin. Bahkan, tamu yang datang ke Polsek, sering mampir ke warung tersebut.

Kapolsek Jombang AKP Soesilo bersama anggotanya saat menikmati rujak legendaris Bu Bokin. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)Kapolsek Jombang AKP Soesilo bersama anggotanya saat menikmati rujak legendaris Bu Bokin. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Baca juga:
Tiga Rekomendasi Warung Makan Murah Meriah di Kota Malang saat Tanggal Tua

Kapolsek Jombang kota, AKP Soesilo mengakui rujak cingur Bu Bokin, sering dijadikan tempat untuk acara Polsek. Seperti salah satunya yakni Nguber Mejo.

"Piramida ini program dari Pak Kapolda, kalau di sini Piramida Nguber Mejo, artinya ngerujak bareng media Jombang," ujarnya.

Ia mengatakan rasa rujak cingur legendaris Bu Bokin memang sangat luar biasa rasanya. Perpaduan bumbu rujak dan lembutnya daging cingur sangat pas di lidah.

"Rujaknya itu sangat istimewa, karena perpaduan bumbu mulai petis, dan cabe serta bumbu lainnya itu menyatu. Dan cingurnya ini asli, empuk dagingnya," paparnya.

"Kalau ada tamu kantor yang ingin makan rujak legendaris sampai Pak Presiden Jokowi ikut makan itu, kami pasti pesan di Bu Bokin ini untuk tamu," tegas dia.