Pixel Code jatimnow.com

Mbak Cicha Tingkatkan Kapasitas Pengurus PKK Melalui Pelatihan Handycraft

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Pelatihan handycraft untuk pengurus PKK Kabupaten Kediri (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Pelatihan handycraft untuk pengurus PKK Kabupaten Kediri (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Puluhan pengurus PKK Kabupaten Kediri mengikuti pelatihan pembuatan kerajinan anyaman berbahan enceng gondok di pusat gudang handycraft, Kabupaten Bantul, DIY, Kamis (27/10/2022).

Pelatihan yang diinisiasi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito (Mbak Cicha) itu untuk meningkatkan kapasitas pengurus PKK, sehingga dapat menularkan ilmu yang didapat ke semua kader.

Ketua TP PKK Kabupaten Kediri melalui Ketua Pokja 1 Dyah Saktiana mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan merupakan seluruh pengurus baik tingkat kabupaten maupun kecamatan se-Kabupaten Kediri.

"Di Kabupaten Kediri juga banyak pengrajin handycraft. Setelah dari sini harapannya akan muncul inovasi baru yang dapat diminati oleh konsumen," ungkapnya.

Melalui ilmu baru yang didapat itu, kader PKK yang sebagian juga pelaku UMKM diharapkan mampu meningkatkan potensi sumber daya alam di Bumi Panjalu menjadi karya kerajinan bernilai ekonomi.

"Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) beserta Ketua TP PKK Kabupaten sangat support dengan berkembangnya UMKM di Kabupaten Kediri. Beliau termasuk pemimpin muda yang sangat luar biasa dalam memotivasi UMKM agar bisa naik kelas," ungkapnya.

Sementara narasumber acara pelatihan, Prahara Balkis menerangkan, banyak bahan-bahan dari alam yang sebelumnya tidak dianggap memiliki nilai ekonomi. Di tangan orang yang kreatif, bahan yang tidak bernilai itu dapat memiliki nilai jual lebih.

Baca juga:
Mas Dhito dan Bank Mandiri Taspen Ajak 500 Pensiunan Senam Bareng

Seperti eceng gondok ini, yang terbukti dapat dijadikan berbagai macam kerajinan bernilai seni tinggi, seperti playsmate, lampion, karpet bahkan dapat dijadikan kursi dan meja yang dapat membuat keestetikan ruangan.

"Dari yang awalnya tidak berharga, dengan tangan-tangan terampil ini harganya bisa berlipat-lipat ganda, tentunya akan dapat menambah penghasilan masyarakat sekitar," jelasnya

Salah satu peserta, Anik Pupitowati yang merupakan Ketua TP PKK Kecamatan Kandangan mengaku sangat senang mendapatkan pelatihan seperti ini yang nantinya akan dapat ditularkan serta diterapkan di wilayahnya.

Baca juga:
Mas Dhito Ajak Pengembang Bandara dan Tol Bahas Infrastruktur di Kediri

"Setelah pulang dari sini, saya ingin sekali mengajarkan membuat kerajinan seperti ini di Kecamatan Kandangan supaya dapat menambah pengalaman, keterampilan yang nantinya akan dapat menambah pengasilan warga sekitar," tuturnya.

Anik berharap, seluruh potensi UMKM di Kabupaten Kediri khususnya di Kecamatan Kandangan dapat lebih maksimal, terus berinovasi sehingga dapat membuat produk yang beragam dan berkualitas.

(ADV)