Pixel Codejatimnow.com

Wisata di Sekitar Gunung Kelud: Melihat Ribuan Jenis Anggrek hingga Glamping

Editor : Sofyan Cahyono  Reporter : Yanuar Dedy
View dari Lembah Kelud.(Foto: Instagram @lembah_kelud)
View dari Lembah Kelud.(Foto: Instagram @lembah_kelud)

jatimnow.com - Gunung Kelud di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, memang menawarkan panorama yang luar biasa indah. Selain puncaknya, gunung api aktif ini memiliki kawah cantik yang menjadi titik paling menarik bagi para wisatawan.

Saat berkunjung ke sana, kamu juga bisa menikmati wisata lainnya di sekitar gunung yang konon lahir dari pengkhianatan Dewi Kilisuci terhadap dua raja yang tengah memperjuangkan cintanya.

Kamu bisa melihat ribuan jenis anggrek di Kampung Anggrek, seru-seruan di Sempu Exotic Park hingga menginap ala Glamour Camping atau Glamping di perkebunan Belanda.

1. Kampung Anggrek

Pertama ada Kampung Anggrek di Dusun Ringinsari, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Sesuai namanya, kamu bisa melihat ribuan jenis anggrek di sini. Mulai dari koleksi langka sampai koleksi silangan atau hibrida yang indah dan memanjakan mata.

Tidak sekadar pembudidayaan, ada edukasi pemasaran Anggrek di sini. Karena kolaborasi pembudidayaan dan pemasaran ini yang membuat Kampung Anggrek sangat terkenal. Bahkan wisata yang memiliki luas 400-an hektare ini juga memiliki tempat pembibitan.

2. Kampung Indian

Berikutnya Kampung Indian yang menawarkan replika kampung Suku Indian di Benua Amerika. Didirikan sejak 2017, objek wisata ini masih sangat ramai sampai saat ini. Kamu bisa berfoto dengan latar dan kostum ala Suku Indian yang unik.

Suasana pegunungan yang khas juga masih sangat terasa di kawasan wisata ini yang akan membuat kamu betah berlama-lama. Lokasinya ada di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Buka 08.00-17.00 WIB, Kampung Indian mematok tarif yang murah saja, hanya Rp10.000 untuk weekday dan Rp12.000 untuk weekend.

3. Korea Fantasy Kediri

Selanjutnya ada Korea Fantasy Kediri. Wisata ini menawarkan perkampungan ala Korea. Lokasinya ada di Margorejo Manggis, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

Murah saja, kamu hanya cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu untuk hari biasa dan Rp12.000 untuk hari libur. Biar semakin berasa di Koreanya, kamu bisa menyewa kostum dengan harga Rp20 ribu saja. Fasilitas di Korea Fantasy juga tergolong lengkap.

4. Wisata Kota Mungil

Baca juga:
Livoli Divisi Utama 2023: BIN Pasundan ke Grand Final Usai Taklukkan Indomaret

Tidak jauh dari Korea Fantasy, Wisata Kota Mungil ada di Dusun Rejomulyo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar.

Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB, wisata ini juga tergolong sangat murah. Tiket masuknya hanya Rp10.000 untuk weekday dan Rp12.000 untuk weekend.

Mereka memiliki konsep seperti taman bunga San Terra De Laponte di Pujon, Kabupaten Malang. Juga terdapat replika ikon dan bangunan dari berbagai negara. Ada juga taman bunga, wisata edukasi hingga kolam renang.

Replika rumah warna-warni dan kincir angin ala Belanja menjadi salah satu spot andalan disini. Ada juga bangunan berwarna biru dan putih yang mirip Santorini, di Yunani.

5. Sempu Exotic Park

Ada juga Sempu Exotic Park di Sempu, Kecamatan Ngancar. Sebuah objek wisata yang bernuansa alam hutan dengan udara yang sejuk dan pastinya murah meriah.

Selain bisa menikmati berbagai fasilitas wisata alam yang menakjubkan, kamu juga bisa menyaksikan sunrise atau matahari terbit dari Lereng Gunung Kelud.

Baca juga:
Livoli Divisi Utama 2023: Kalahkan Petrokimia, Putri TNI AU Hanya Butuh Satu Kali Menang

Sempu Exotic Park di kelola oleh team Desa Wisata Sempu unit Bumdesa Sempu Mandiri. Kamu bisa menikmati outbond hingga jeep dan trail adventure.

6. Villa dan Glamping Lembah Kelud

Setelah puas berwisata di sekitar Gunung Kelud, kamu bisa menginap di Villa dan Glamping Lembah Kelud.

Lokasinya ada kawasan perkebunan yang ada sejak zaman Belanda, di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar dengan luas 20 hektare. Hanya berjarak 2 kilometer dari pintu masuk Kawasan Wisata Gunung Kelud.

Saat ini sudah ada 8 villa berkonsep kayu yang siap untuk digunakan untuk bermalam. Selain konsep villa, Lembah Kelud juga menyediakan penginapan model glamping atau glamour camping. Ada juga camping ground dengan tenda yang siap pakai.

Oh ya sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh buah Nanas Pasir Kelud PK1 yang terkenal dengan rasa manisnya itu. Buah ini jadi andalan Kabupaten Kediri dan akan terus dikembangkan jadi kawasan budidaya.