Pixel Code jatimnow.com

BPCB Pastikan Penemuan Struktur Batu di Pasuruan adalah Bangunan Candi

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Tim BPCB Jawa Timur di lokasi pememuan candi. (Foto: Moch. Rois/jatimnow.com)
Tim BPCB Jawa Timur di lokasi pememuan candi. (Foto: Moch. Rois/jatimnow.com)

jatimnow.com - Tim Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur memastikan temuan struktur bangunan dan 4 potongan arca di tempat pemakaman umum (TPU) Dusun Candi, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, memang bangunan candi yang terpendam.

Hal itu dipastikan setelah Tim BPCB melakukan pengamatan di area penemuan pada Senin (31/10) kemarin.

"Temuan itu dipastikan candi," tegas Arkeolog senior BPCB Jatim, M Andi Said, Selasa (1/11/2022).

Terkait asal-usul candi tersebut didirikan dari era dinasti kerjaan mana dan berfungsi sebagai apa, Tim BPCB Jatim masih belum bisa memastikan. Sebab, tidak jauh dari lokasi penemuan telah terlebih dahulu ditemuakn dua situs megah dari dua kerajaan besar yang berbeda.

Contohnya seperti Petirtaan Candi Belahan atau Sumber Tetek di Kecamatan Gempol dan Candi Jawi di Desa Candiwates, Kecamatan Prigen.

Baca juga:
Pilihan Pembaca: Reog Ponorogo, Temuan Arca di Trenggelek, Mobil Tertimpa Truk

"Untuk membuktikan candi ini dari kerajaan mana, masih perlu pembuktian lebih lanjut. Mulai dengan melakukan ekskavasi, untuk mengidentifikasi ragam hiasnya. Dari Kerajaan Majapahit kah atau Kerajaan Singosari," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah struktur bangunan candi ditemukan warga terpendam di TPU Dusun Candi, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, menghebohkan masyarakat setempat

Warga menemukannya secara tidak sengaja, yakni saat para warga melakukan kerja bakti pembuatan pondasi dan pagar area makam dan punden.

Baca juga:
Tahap Terakhir Ekskavasi Candi Patakan Lamongan, BPCB Eksplorasi Pagar

"Ini ditemukan saat kerja bakti hari Minggu (30/10) kemarin. Saat itu, warga yang melakukan perataan tanah di lokasi dekat punden, melihat ada batu yang menonjol, sehingga penggalian pun dilakukan. Setelah digali, ternyata nampak struktur bangunan candi," jelas Ismawan, Kepala Dusun Candi, Selasa (1/11/2022).