Pixel Code jatimnow.com

Tepergok saat Mencuri Burung, Pemuda di Sidoarjo Dihajar Warga

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zainul Fajar
Pencurian burung di Sidoarjo (Foto: Polsek Sedati for jatimnow.com)
Pencurian burung di Sidoarjo (Foto: Polsek Sedati for jatimnow.com)

jatimnow.com - Seorang pemuda berinisial RA dihajar warga lantaran tepergok saat mencuri burung perenjak di daerah Sedati, Sidoarjo.

Informasi yang dihimpun jatimnow.com, pencurian tersebut terjadi di teras rumah salah seorang warga Sedati Gede, Sedati, Sidoarjo pada Rabu (2/11/2022) dinihari.

"Dari keterangan warga setempat, pencurian diketahui sekira pukul 02.00 WIB saat keadaan sepi," ujar Kanit Reskrim Polsek Sedati, Iptu Sudarso.

Sudarso memaparkan bahwa pelaku beraksi di rumah warga sekitar bernama Said. Dia mengaku bahwa saat itu dia sedang tidur, lalu terbangun karena mendengar suara derap langkah kaki seseorang di teras rumahnya.

"Lalu oleh korban diintip dari selah kelambu jendela. Ternyata benar, ia melihat ada orang sedang mengambil burung miliknya yang ada di dalam sangkar. Pelaku beraksi dengan cara berusaha membuka pintu sangkar lalu mengambil burung," tambahnya.

Baca juga:
Pria Asal Kediri Tertangkap Curi Burung di Malang

Menurut Sudarso, usai mendapati burung perenjak kesayangannya dicuri, Said tanpa berpikir panjang membuka pintu dan berteriak maling. Sontak warga yang mendengar teriakan langsung terbangun dan berusaha menangkap pelaku.

"Saat diteriaki maling itu, pelaku lantas lari dan melompat lalu melarikan diri ke jalan desa arah timur kemudian oleh korban dibantu masyarakat sekitar dilakukan pengejaran dan akhirnya pelaku berhasil diamankan masyarakat," ungkap dia.

Baca juga:
Kabur Usai Beraksi, Motor Pencuri Burung Diseruduk Mobil Masuk Parit di Jombang

Setelah sempat dihajar massa, akhirnya warga menyerahkan pelaku ke petugas kepolisian setempat untuk dibawa ke Mapolsek Sedati guna proses penyidikan lebih lanjut.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa sangkar burung beserta burung perenjak yang ada di dalamnya serta mengamankan motor pelaku.