Pixel Code jatimnow.com

Sensasi Makan Balungan Dinosaurus di Sidoarjo, Penasaran?

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zainul Fajar
Balungan Dinosaurus di Sidoarjo (Foto: Anik for jatimnow.com)
Balungan Dinosaurus di Sidoarjo (Foto: Anik for jatimnow.com)

jatimnow.com - Aneka makanan unik di Sidoarjo dengan cita rasa enak dan menggugah selera menjadi hal yang wajib dicoba bersama keluarga.

Tak hanya tentang selera dan kenikmatan menyantap sajian kuliner saja. Menu dan varian yang unik juga menjadi daya tarik bagi para pelanggan.

Kuliner unik yang satu ini bernama Balungan Dinosaurus. Balung adalah Bahasa Jawa yang artinya tulang dalam Bahasa Indonesia dan dinosaurus hewan besar yang dapat kita bayangkan bagaimana tulangnya.

Balungan Dinosaurus menjadi ikon baru, khususnya bagi pecinta kuliner daging di Kota Udang. Rumah makan yang beralamatkan di Jalan Kombes Pol. M. Duryat, Sidoarjo ini menawarkan santapan daging berukuran jumbo dengan daging yang lembut dan lumer di lidah para pecinta perdagingan.

Head Kitchen Balungan Dinosaurus Sidoarjo, Muhammad Riyadudin menjelaskan jika Balungan Dinosaurus yang sebenarnya adalah olahan daging iga sapi impor yang dibakar dengan bumbu rahasia ciamik yang cocok bagi masyarakat pada umumnya.

Dia mengatakan, jika sebelum dibakar, iga berukuran jumbo tersebut terlebih dahulu dimasak dengan bumbu rahasia hingga setengah matang lalu dibakar sambil diolesi bumbu rempah khas Kedai Balungan Dinosaurus.

"Karena kita menggunakan iga sapi berukuran jumbo jadi seakan-akan terlihat seperti makan Balungan Dinosaurus, ukuranya besar sekali," terang Riyad, Rabu (2/11/2022).

Baca juga:
Menikmati Tumis Lobster Air Tawar di Warung Tepi Jalan Kota Pasuruan

Tak tanggung-tanggung, Riyad menegaskan bahwa kuliner iga super jumbo ala tulang dinosaurus ini di Jawa Timur hanya ada di Sidoarjo. Oleh karena itu, banyak pengunjung dari luar kota yang penasaran dengan masakan unik ini.

Dalam sehari, warung makan Balungan Dinosaurus ini bisa menghabiskan hingga 40 porsi menu iga super jumbo.

"Dalam sehari kita bisa habiskan 60 kilogram sampai 100 kilogram jika weekend. Satu porsi iga dino jumbo bisa dimakan untuk tiga sampai empat orang. Ini menu terlaris kita, iga bakar dino jumbo," tambahnya.

Baca juga:
Lima Tempat Nongkrong Bernuansa Jadul di Surabaya, Mau Coba?

Iga bakar dino jumbo itu mempunyai dua varian ukuran, yakni jumbo dan regular. Varian jumbo memiliki berat 1,3 sampai 2 kilogram, harganya Rp130 ribu, belum termasuk pajak. Sedangkan kalau ukuran regular bobotnya di bawah 1,2 harganya Rp115 ribu.

"Memang sengaja kita batasi pembeliannya karena stok terbatas, kecuali jika weekend stoknya kita tambah. Sering pengunjung dari luar kota yang kehabisan tapi kita sarankan agar kembali lagi esok hari lebih awal dan mereka pasti kembali," ujar Riyad.

Selain menu iga dino bakar jumbo, kedai yang sudah buka sejak dua bulan itu juga ada menu lainya seperti sop iga, tongseng sapi, sate buntel dan sate sultan.