Pixel Code jatimnow.com

Tukang Angkut Bambu Ditemukan Tiga Meter dari Material Longsor

Editor : Rochman Arief Reporter : Galih Rakasiwi
Korban ditemukan di kedalaman 3 meter material longsor. (SAR Surabaya to Jatimnow.com)
Korban ditemukan di kedalaman 3 meter material longsor. (SAR Surabaya to Jatimnow.com)

jatimnow.com - Tim SAR gabungan telah menemukan Achmad Amin (25) dalam keadaan meninggal di kedalaman tiga meter. Ia ditemukan petugas gabungan sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (3/11/2022).

Amin merupakan warga dusun Kunci RT 16 RW 4, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Ia ditemukan di kedalaman tiga meter dari material longsor.

“Setelah hilang sejak kemarin, Amin ditemukan dalam keadaan meninggal. Selanjutnya, jenazah korban dibawa ke rumah duka dan diserahkan kepada pihak keluarga,” ujar Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, Haris Supardi.

Operasi pencarian dilakukan sangat berhati-hati. Sebanyak dua search and rescue unit (SRU) yang terdiri atas puluhan personel, dikerahkan untuk melakukan pencarian di dua sektor. Yaknisektor satu dengan luas sekitar 15 m, dan sektor dua dengan luas sekitar 36 meter.

“Selain menggunakan peralatan gali manual, upaya pencarian korban juga dilakukan dengan menggunakan beberapa unit alkon (mesin pompa air) yang menyedot air dari sumber terdekat, kemudian disemprotkan ke area pencarian,” katanya.

Baca juga:
Pandangan Ahli Kimia Unair Tentang Dampak Gas Air Mata

Untuk mengooptimalkan upaya pencarian, Tim SAR gabungan juga menggunakan kemampuan anjing pelacak dari SAR Dog Malang, untuk mendeteksi posisi korban.

Selama proses pencarian korban berlangsung ada tim safety officer yang bertugas melakukan pengawasan di masing-masing sektor.

“Safety officer ini bertugas mengawasi tanda-tanda terjadinya bahaya, seperti pergerakan tanah dan hujan. Bila potensi bahaya itu timbul, maka tim safety officer membunyikan sinyal, agar seluruh personel segera meninggalkan lokasi demi keselamatan,” ujarnya.

Baca juga:
Ini Kondisi Terbaru Bocah SD asal Malang Jadi Korban Penganiayaan Kakak Kelas

Adapun proses pencarian hingga evakuasi korban dilakukan dengan melibatkan BPBD Kabupaten Malang, BASARNAS Surabaya, TNI dan Polri, Damkar, PMI, PPMR, Lintamal Rescue, SAR Pakem, SAR MTA, SAR Samudera, SAR Kanjuruhan, SAR Poncokusumo, IOF Rescue, Dirgantara Rescue, warga sekitar dan potensi SAR lainnya.

Korban adalah tukang angkut bambu yang dilaporkan hilang pada Selasa (1/11/2022) lalu. Saat itu Amin naik motor hendak mengangkut bambu bersama rekannya, Ilham. Namun memasuki kawasan Ledok Amprong, Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Amin diketahui telah tertimbun material longsor.