Pixel Code jatimnow.com

Sampai di Gresik, Joko Kendil Ziarah Makam Sunan Giri dan Maulan Malik Ibrahim

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Sahlul Fahmi
Joko Kendil saat berada di Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim Gresik (Foto: Sudasir for jatimnow.com)
Joko Kendil saat berada di Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim Gresik (Foto: Sudasir for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pria berjuluk Joko Kendil yang viral di media sosial akhirnya sampai di Kota Gresik. Pria bernama asli Kusnan itu melakukan ziarah ke makam Wali Songo yakni Sunan Giri dan Syeh Maulana Malik Ibrahim serta beberapa makam wali lainnya.

Menurut keterangan salah satu penjaga makam Syeh Maulana Malik Ibrahim, Sudasir Al Ayyubi, Joko Kendil datang di Malam Syeh Maulana Malik Ibrahim pada Rabu (2/11/2022) malam.

Pria yang identik dengan setelan baju hitam, dengan menggunakan udeng kepala, sorban warna hijau dan membawa tongkat itu bermalam di area makam Syeh Maulana Malik Ibrahim.

"Sebelum ke makam Syeh Maulana Malik Ibrahim, Joko Kendil lebih dulu berziarah ke makam Sunan Giri," kata Sudasir, Kamis (3/11/2022).

Baca juga:
Komplek Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim Gresik Tergenang Banjir

Sudasir mengungkapkan setelah melakukan doa di Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim, Joko Kendil banyak dihampiri pengunjung lain. Selain sekadar ingin bersalaman atau foto bersama, tak jarang juga dari mereka yang memberikan makanan dan uang kepada Joko Kendil.

Lebih lanjut Sudasir menceritakan Joko Kendil datang ke Gresik usai menempuh perjalanan dari Sumenep Madura lalu ke Makam Sunan Ampel Surabaya.

"Tadi siang setelah salat zuhur, beliau sudah meninggalkan Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim. Katanya sih mau lanjut ke Jember, Lumajang lalu Gunung Semeru. Setelah itu baru ke makam Syekh Maulana Maghribi di Pantai Selatan, Bantul, Yogyakarta,” pungkasnya.