Pixel Code jatimnow.com

Polisi Beberkan Fakta Kebakaran Kandang Ayam di Ponorogo

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
Polisi melakukan olah TKP di lokasi kebakaran (Foto: Humas Polres Ponorogo)
Polisi melakukan olah TKP di lokasi kebakaran (Foto: Humas Polres Ponorogo)

jatimnow.com - Polisi telah selesai melakukan olah TKP kebakaran kandang ayam di Desa Kaponan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jumat (4/11/2022).

"Kami sudah ke lokasi dan melakukan olah TKP,” ujar Kapolsek Mlarak, AKP Rosyid Effendy, Jumat (4/11/2022).

Dia menjelaskan bahwa hasilnya adalah penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik pada aliran kabel pemanas suhu yang berada di bagian tengah. Pasalnya, pemanas suhu tersebut selain teraliri listrik juga terdapat pemanas dari gas LPG.

Sedangkan pemanas tersebut, masing-masing bagian terdapat 3 pemanas suhu. Sehingga ketiga bagian kandang terdapat 9 pemanas suhu dan 1 super server pemanas yang perada di bawah.

Baca juga:
Penjelasan Pakuwon soal Kebakaran di Pakuwon Mall Surabaya

"Pada saat di cek di TKP meteran PLN terdapat 3 panel dalam keadaan off," jelas AKP Rosyid.

Aliran listrik yg terdapat di kandang tersebut mulai dari aliran listrik PLN terbagi menjadi 3 panel, masing-masing-masing panel menyalurkan listrik ke blower di bagian belakang, kemudian tungku pemanas suhu dan aliran lampu yang ada.

Baca juga:
Pom Mini Terbakar Sambar Pertokoan Pasar Kranji Lamongan, Terdengar Ledakan

Beruntung, saat terjadi kebakaran, karyawan yang menginap segera sadar. Mereka bisa melompat untuk menyelamatkan. Sehingga tidak ada korban jiwa.

Sebelumnya, kandang ayam milik usaha peternakan di Ponorogo terbakar. Akibatnya 33 ribu ayam terpanggang dan kerugian diperkirakan mencapai Rp1,8 miliar.