Pixel Code jatimnow.com

Rekomendasi 4 Kuliner di Kota Batu, Jangan Sampai Dilewatkan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Pos Ketan Legenda. (Foto-foto: internet)
Pos Ketan Legenda. (Foto-foto: internet)

jatimnow.com - Wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu tentu cepat lapar, pasalnya udara dingin bisa membuat selera makan bergejolak. Kalau lambung sudah meronta jangan bingung, karena banyak tempat kuliner yang bisa Anda coba.

Berikut 4 tempat kuliner rekomendasi dengan harga terjangkau, dengan cita rasa menggpda;

1. Lesehan Warung Bamboe Sidomulyo

Suasana tenang dan asri terasa saat menginjak kaki di Lesehan Warung Bamboe Sidomulyo. Gemericik air dan kolam dipenuhi ikan koi menjadi wahana pelepas kejenuhan.

Pengunjung bisa bermain dan memberi makan ikan-ikan koi sembari menunggu pesanan tiba. Warung ini segmentasinya memang untuk rombongan wisatawan keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Raya Selecta, Desa Sidomulyo, Kota Batu. Tempatnya cukup luas untuk bersantap menikmati hidangan. Tak sulit menemukan warung ini karena berada di jalur menuju Taman Rekreasi Selecta.

Beragam menu yang disajikan mayoritas olahan ikan, mulai gurami, nila, lele patin, dorang, kakap, kerapu. Menu andalannya gurami bakar dan cah kangkung serta minuman favorit jus sirsak pelangi.

2. Warung Sidik

Warung Sidik terletak di Jalan KH Agus Salim, Kelurahan Temas, Kota Batu. Warung legendaris dengan menu Jawa Timuran ini tak pernah sepi pengunjung terutama saat jam makan siang.

Nasi rawon menjadi menu favorit yang selalu diburu para pengunjung lantaran rasanya yang gurih ditambah pula tekstur dagingnya yang lembut nan legit.

Baca juga:
Maling Elpiji Gentayangan di Batu, Modusnya Sangar!

Selain rawon, menu lainnya yang disediakan di sini antara lain soto ayam, sop buntut, soto kikil, nasi campur, krengsengan, lodeh dan banyak lagi.

Harga menu makanan yang disajikan relatif ramah di kantong berkisar Rp25 ribu-Rp35 ribu. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.30 WIB.

3. Sitangsu Cafe Hotel Purnama


Lokasinya berdekatan dengan Lesehan Warung Bamboe Sidomulyo. Sitangsu Cafe salah satu bisnis kuliner yang dikembangkan Hotel Purnama.

Meski hidangannya setara hotel berbintang, harga yang dipatok sejajar dengan kaki lima sehingga tak perlu ragu datang ke sini.

Bagi pemburu menu Nusantara, Sitangsu Cafe dapat dipilih sebagai tempat yang cocok. Menu favoritnya ayam betutu.

Baca juga:
Akses Keluar Masuk Kota Batu Tertutup Longsor, Perbaikan Ditargetkan Akhir Tahun

Selain itu terdapat menu lainnya seperti ayam taliwang, nasi jinggo hingga sate lilit dengan harga berkisar Rp15 ribu-Rp35 ribu.

Tempatnya pun cukup asri dengan memanfaatkan area taman yang berada di depan hotel. Konsep outdoor dipilih untuk memanjakan pengunjung dengan panorama alam yang indah khas Kota Batu.

4. Pos Ketan Legenda


Kuliner olahan ketan ini sudah ada sejak tahun 1967. Lokasinya berada di dekat Alun-alun Kota Batu. Kedainya terbilang kecil, namun banyak pelancong yang rela antre untuk menikmati hidangan ketan yang legit.

Pos Ketan Legenda memiliki cukup banyak olahan ketan. Ada ketan bubuk orisinal, ketan cokelat, hingga ketan dengan durian yang rasanya sangat nikmat. Lebih nikmat rasanya, menyantap ketan dengan ditemani suguhan susu segar hangat.

Jam operasionalnya cukup panjang mulai pukul 10.00-02.00 WIB. Harga per porsi ketan bervariasi antara Rp10 ribu hingga Rp15 ribu menyesuaikan toping yang dipesan.