Pixel Code jatimnow.com

Merajut Toleransi untuk Menangkal Radikalisme di Sidoarjo Melalui Festival

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zainul Fajar
Penampilan seni dan budaya dari peserta Festival Toleransi di Sidoarjo (Foto-foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)
Penampilan seni dan budaya dari peserta Festival Toleransi di Sidoarjo (Foto-foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)

jatimnow.com - Festival Toleransi digelar di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu (5/11/2022). Acara ini dihelat untuk menangkal paham radikal dengan sikap toleran.

Acara tersebut digagas Komunitas Seni Budaya Brang Wetan dan berbagai elemen seperti Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Organisasi Kepemudaan (OKp) dan Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) Institute.

Rangkaian acara dalam festival meliputi doa lintas agama, penampilan festival antar budaya dari sekolah toleransi mulai tari hingga pidato kebangsaan serta pameran toleransi dari setiap sekolah.

Ketua Komunitas Brang Wetan Sidoarjo, Henry Nur Cahyo menyebut bahwa acara ini menjadi program yang telah berjalan selama satu tahun.

Baca juga:
Dewan Pers Gandeng BNPT Godok SOP Peliputan Terorisme

"Jadi acara ini merupakan rangkaian dari program setahun yang namanya program "cinta budaya cinta tanah air". Nah, di dalam program itu misinya adalah bagaimana kita menangkal bahaya radikalisme dan menumbuhsuburkan semangat toleransi agar bangsa ini tidak terpecah belah," papar Henry.

Brang Wetan dalam hal ini mendampingi 5 sekolah yang masuk dalam program sekolah toleransi, yaitu MA Nurul Huda Sedati, SMPN 1 Gedangan, SMPN 1 Taman, SMPN 1 Waru, dan SMAN 1 Gedangan untuk menampilkan karya mereka terkait budaya toleransi.

Baca juga:
Kepala BNPT Sebut Penganut Paham Radikal Gencar Ciptakan Propaganda di Medsos

"Harapannya, supaya toleransi tidak hanya menjadi urusannya brangwetan saja dan OKp, tapi dari setiap masyarakat. Mangkanya kita gelar di muka umum supaya Sidoarjo dapat menjadi kabupaten yang peduli terhadap toleransi," pungkasnya.