Pixel Code jatimnow.com

Resign dari Bank, Wanita Mojokerto Sukses Produksi Minuman Sehat

Editor : Rochman Arief Reporter : Achmad Supriyadi
Aprilia Dwi Pravitasari saat memamerkan minuman kunyit luntas yang ia jual. (foto: Nor for jatimnow.com)
Aprilia Dwi Pravitasari saat memamerkan minuman kunyit luntas yang ia jual. (foto: Nor for jatimnow.com)

jatimnow.com - Aprilia Dwi Pravitasari memilih resign dari tempat kerjanya sebagai karyawati bank untuk jadi pengusaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.

Jalan yang dipilih adalah dengan memanfaatkan semak belukar di pekarangan rumahnya sebagai sandaran hidup. Sebut saja daun luntas dan kunyit yang ia jadikan minuman menyehatkan.

Warga Lingkungan Sinoman, Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto ini sudah mengubah tanaman menjadi minuman herbal sejak 2018 silam. Barang tak berharga itu disulap menjadi minuman segar dan berkhasiat bagi kesehatan.

Daun luntas yang memiliki kandungan kalsium, magnesium hingga natrium ini diracik dengan kunyit dan asam jawa. Hasilnya, minuman yang ia produksi menyegarkan dan menyehatkan.

Kunyit memiliki mengandung kurkumin atsiri yang berkhasiat sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, serta antiracun.

Ibu empat anak ini harus menghabiskan empat tahun untuk mendapatkan racikan atau takaran minuman yang rasanya pas dan sehat.

Ia pun meraciknya dengan takaran luntas sekitar 400 gram, kunyit 500 gram, asam jawa yang direbus secara terpisah. Lalu dibubuhi garam, dan gula secukupnya jadilah minuman kunyit luntas berkhasiat.

Baca juga:
Pelaku UMKM Surabaya Dibekali Trik Fotografi Produk dan Pembuatan Marketplace

“Kalau untuk luntas direbusnya hanya 10 menit, gak boleh lama. Begitu juga dengan asam jawa. Harus sendiri-sendiri. Baru disaring, terus masukkan ke rebusan kunyit di dalam panci stainless steel dan gula, sekitar satu jam,” kata Aprilia Dwi Pravitasari, Minggu (6/11/2022).

Mantan auditor bank ternama yang disapa April ini menjual minuman kunyit luntas cukup murah. Hanya dengan Rp7 ribu, minuman yang bisa berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, mengatasi keputihan, rematik hingga pegel linu ini bisa didapat. Selain itu, herbal berkhasiat ini juga bisa bertahan sampai 10 hari jika disimpan.

Baca juga:
Pesta Rakyat Simpedes BRI Bantu 150 UMKM di Mojokerto Berkembang

“Satu botol isinya 480 mililiter. Manfaatnya mencegah bau badan maupun melancarkan haid. Dan ini dari pengakuan konsumen yang sudah konsumsi rutin,” ujarnya sambil menirukan yang disampaikan konsumennya.

Saat ini ia mampu memproduksi minuman kunyit luntas sekitar 50 liter atau 100 botol. Konsumennya tidak datang dari Kota dan Kabupaten Mojokerto, melainkan sampai Jawa Tengah.

“Awalnya kita tawarkan dulu ke kerabat, teman, lalu door to door ke rumah makan. Terus ke reseller-reseller, sekarang sudah ada 30 reseller dan sampai ke Yogyakarta,” pungkasnya.