Pixel Code jatimnow.com

Lapor Pak Yes, Layanan Pemkab Lamongan untuk Merespon Seluruh Aduan Warga

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Sekdakab Lamongan Moh. Nalikan saat memberi instruksi OPD perihal Lapor Pak Yes (Foto-foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Sekdakab Lamongan Moh. Nalikan saat memberi instruksi OPD perihal Lapor Pak Yes (Foto-foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemkab Lamongan punya layanan aduan masyarakat bernama Lapor Pak Yes. Belakangan, layanan tersebut mendapat perhatian serius dari Bupati Yuhronur Efendi.

Bahkan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dikumpulkan di Ruang Pertemuan Gajah Mada Gedung Pemkab Lamongan Lantai 7 untuk mendapat arahan langsung dari bupati.

Yuhronur menginstruksikan untuk merespon aspirasi dan aduan masyarakat pada kanal pengaduan Lapor Pak Yes dengan baik. Hal ini guna meningkatkan kepercayaan publik akan kinerja yang dilakukan Pemkab Lamongan.

"Aspirasi masyarakat pada Lapor Pak Yes harus bisa direspon dengan baik, agar dapat meningkatkan kepercayaan publik. Berdasarkan data dari Diskominfo Lamongan, laporan terbanyak masuk pada kategori administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, yakni 319 laporan. Tidak semua laporan yang disampaikan ini isinya negatif, ada juga yang hanya menanyakan terkait informasi," ujar bupati yang akrab disapa Pak Yes itu, Senin (7/11/2022).

Menurutnya, respon dari perangkat daerah atas aduan masyarakat ini menjadi keharusan. Tidak semua aduan dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat, tapi diharapkan respon, jawaban, maupun penjelasan atas aduan itu harus dilakukan maksimal 1x24 jam.

Baca juga:
Kejar Target, Perbaikan Jalan Lamongan Dikebut Jelang Tahun Baru

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Sekdakab Lamongan Moh. Nalikan saat memberi instruksi OPD perihal Lapor Pak YesBupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Sekdakab Lamongan Moh. Nalikan saat memberi instruksi OPD perihal Lapor Pak Yes

"Sepanjang Januari-Oktober 2022 telah ada 889 laporan di kanal Lapor Pak Yes. 788 sudah ditindaklanjuti, masih ada 96 laporan yang masih proses tindak lanjut dan ada 5 yang belum ditindaklanjuti. Untuk yang belum tolong dilihat progresnya," ujar Pak Yes.

Tidak hanya berharap kecepatan tindak lanjut akan aduan masyarakat, Pak Yes juga mengajak untuk mengoptimalkan potensi alam yang dimiliki Lamongan, mempercepat realisasi pembangunan fisik, terus meningkatkan kesiapsiagaan bencana, khususnya bencana banjir akibat hidrometeorologi, serta mengajak seluruh Kepala OPD untuk bijak dalam merencanakan anggaran pada Tahun 2023.

Baca juga:
Info Lur! Blangko KTP Habis, Warga Lamongan Diberi Surat Pengganti

"Setiap orang harus memiliki pandangan yang sama, komitmen yang sama dan optimis yang tinggi. Mari kita semuanya membangun budaya kerja dengan menjaga integritas, loyalitas, dan sinergi," pungkasnya.