Pixel Code jatimnow.com

Saat Puluhan Mahasiswa Unipdu Jombang Dibekali Ilmu Jurnalistik

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Elok Aprianto
Suasana pembekalan ilmu jurnalistik mahasiswa Unipdu Jombang (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Suasana pembekalan ilmu jurnalistik mahasiswa Unipdu Jombang (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Puluhan mahasiswa dari civitas program studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang menggelar kuliah umum jurnalistik, Selasa (8/11/2022).

Kegiatan ini menghadir narasumber seorang penulis dan jurnalis di salah satu media nasional serta internasional Ambang Prayonggo.

Dosen dari UMN Jakarta ini mengajar pemahaman berbagai macam tulisan, kode etik jurnalistik, hingga mengembangkan pemikiran kritis mahasiswa.

Maisarah, salah satu civitas program studi sastra inggris Unipdu Jombang mengatakan, pagelaran ilmu jurnalistik tersebut bermaksud memberikan pemahaman dan pengetahuan lebih terhadap mahasiswa, terkait ilmu seputar karya tulis.

"Tiada lain tujuan yaitu memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa, tentang dunia jurnalistik. Seperti bagaimana sih mengembangkan berbagai macam jenis tulisan dengan baik, menarik, dan tentu benar," ungkapnya, Selasa (8/11/2022).

"Cara menulis agar mudah terbit di media massa juga, siapa tau juga di sini ada mahasiswa yang ingin berprofesi sebagai jurnalis nanti," sambungnya.

Pelatihan jurnalistik juga menjadi hal penting bagi mahasiswa dalam rangka menghadapi perkembangan global dan perkembangan informasi di media baik online maupun elektronik.

Sehingga, sambung Maisarah, mahasiswa yang akan bersinggungan langsung dengan masyarakat, juga diharapkan memiliki kemampuan literasi yang baik. Agar mampu menyampaikan informasi yang baik dan benar kepada khalayak, baik melalui media massa maupun media elektronik.

Baca juga:
Pelaku UMKM Surabaya Dibekali Trik Fotografi Produk dan Pembuatan Marketplace

"Terutama bagi mahasiswa sastra Inggris ataupun pendidikan Bahasa Inggris, perlu dipersiapkan supaya mereka membaca yang benar, menulis yang benar dan juga membagi berita yang benar. Mereka bisa menjadi atau bisa menulis dengan baik sehingga tidak terjadi singgungan pelanggaran aturan," terang dia.

Dia berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan dan mendapatkan ilmu terkait jurnalistik agar dapat dimanfaatkan sebagai bekal kelak.

"Membuat karya tulisan dengan baik dan jadi perhatian banyak orang itu, tidak luput dari memulainya dengan banyak baca dan seringkali mencoba untuk menulis. Mari perbanyak karya dan terus berusaha dengan seringkali berani untuk mencoba," tambah dia.

Sementara Ambang mengaku senang berjumpa dengan puluhan mahasiswa Unipdu Jombang.

Baca juga:
Sukseskan OPOP, Novita Bagikan Tips Berjualan Pada Peserta Pelatihan Menjahit

"Alhamdulillah saya senang banget ketemu kalian semua. Kalian sangat antusias mengikuti kuliah umum jurnalistik ini. Harapannya jangan lelah untuk berkarya, terus mencoba, sampai kalian merasakan sendiri dari hasil karya tulisanya itu kedepan nanti," paparnya.

"Semoga dengan pembelajaran tadi yang sudah saya sampaikan, bisa menjadi berkah dan manfaat bagi kita semuanya. Baik saat ini, maupun ke depannya nanti," jelas Ambang.

Ambang juga memberikan hadiah buku karya tulisnya terhadap tiga mahasiswa. Tiga mahasiswa penerima buku itu dipilih karena dinilai mengajukan pertanyaan yang menarik.