Pixel Code jatimnow.com

7 Desa di Mojoagung Diterjang Banjir, Ratusan Rumah Tenggelam

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Rumah warga yang terendam air luapan sungai di Desa Kademangan, Mojoagung Selasa malam. (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Rumah warga yang terendam air luapan sungai di Desa Kademangan, Mojoagung Selasa malam. (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Intensitas hujan yang tinggi terjadi di kawasan Wonosalam, Kabupaten Jombang membuat, sejumlah sungai meluap airnya. Luapan air ini merendam 7 desa yang ada di Kecamatan Mojoagung.

Abdi Purwoko anggota BPBD Kabupaten Jombang menjelaskan, intensitas hujan yang tinggi terjadi di Kecamatan Wonosalam, membuat debit air naik.

"Hujan lebat di daerah hulu, di daerah Wonosalam, Kandangan dan Pait. Akan membuat debit air di dua sungai naik," ungkapnya, Rabu (9/11/2022).

Ia menjelaskan untuk air hujan yang ada di kawasan Wonosalam akan mengalir ke Kali Pancir, sedangkan air hujan di Kandangan akan mengalir ke Catak Banteng.

"Kedua aliran sungai ini akan bermuara di dam Balongsono, dan kalau itu sudah penuh, meluber, akhirnya air itu mengisi desa-desa dan sawah," paparnya.

Baca juga:
Prediksi Puncak Bencana Besar Tahun 2023, Teori Supranatural Begini

"Seperti di Kecamatan Mojoagung itu malam tadi ada 7 desa yang terkena banjir. Diantaranya Kedunglumpang, Mojotrisno, Tanggalrejo, Betek, Mancilan, Dukuhmojo, dan Kademangan," sambungnya.

Selain itu, ia menyebut jika banjir juga merendam kawasan Kecamatan Mojowarno.

"Kalau yang di Kecamatan Mojowarno itu Desa Mojodadi," ucapnya.

Baca juga:
Puluhan Rumah Warga Denanyar, Jombang Terendam Banjir Akibat Hujan 3 Jam

Ia menyebut, untuk kondisi yang terparah ada di Desa Kademangan daerah Dusun Kebondalem. Ada sekitar 186 rumah yang terendam air banjir luapan sungai.

Hingga pagi ini air sudah berangsur surut.

"Jika nanti sudah surut kita bersama warga akan membersihkan sampah akibat banjir," pungkasnya.