Pixel Code jatimnow.com

Bank Jatim Masuk 15 Perusahaan di Indonesia dengan Kemampuan Keuangan Terbaik

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Daftar 15 perusahaan dengan kemampuan keuangan terbaik sepanjang Tahun 2022 versi ASRI Rating (Foto: Dok. ASRI Rating/jatimnow.com)
Daftar 15 perusahaan dengan kemampuan keuangan terbaik sepanjang Tahun 2022 versi ASRI Rating (Foto: Dok. ASRI Rating/jatimnow.com)

jatimnow.com - Corebest Indonesia bersama Mitra Bhadra Consulting dan Institute Share Value Indonesia menggelar ajang pemeringkatan Laporan Tahunan dan Laporan Berkelanjutan Perusahaan atau biasa disebut Annual and Sustainability Report of Indonesia (ASRI) Rating.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lembaga jasa keuangan, emiten dan perusahaan publik secara terus menerus dalam membuat laporan tahunan dan laporan berkelanjutan yang berkualitas dengan standard, regulasi dan praktik yang baik.

"Tujuan berikutnya adalah makin meningkat jumlah perusahaan yang menerapkan pelaporan tahunan dan pelaporan berkelanjutan yang sesuai dengan standar regulasi. Kemudian juga bertujuan memberikan pemahaman yang mudah tentang aspek penting penyusunan laporan tahunan dan lapoan berkelanjutan yang baik dan sesuai dengan standar dan regulasi," ujar Ketua ASRI Rating Nurdizal M Rachman dalam keterangan resminya, Kamis (10/11/2022).

Tahun ini, pemeringkatan dilakukan sejak 22 April 2022 hingga 4 November 2022 dengan total pemeringkat 5 tingkat dan menjangkau 15 perusahaan masuk dalam penerima rating.

Nantinya, data rating dan analisis agregat ini akan dilaporkan kepada regulator dan Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG), sehingga bermanfaat untuk bahan pertimbangan dalam membuat berbagai kebijakan terkait peningkatan kualitas pelaksanaan, tatakelola dan penerapan keuangan keberlanjutan.

Baca juga:
Kolaborasi Bank Jatim dan BNI Tingkatkan Layanan Perbankan Digital

"Sedangkan penilaian kualitatif-analisa capaian dan kelemahan AR dan SR masing-masing perusahaan, terkait masalah dan rekomendasi, serta penilaian kuantitatif capaian, berguna bagi Lembaga Jasa Keuangan, emiten dan perusahaan publik dalam melaksanakan perbaikan laporan untuk tahun berikutnya," imbuh Nurdizal.

Melalui kegiatan ini, diharapkan perusahaan di Indonesia kembali mendapat umpan balik yang efektif dan akurat dalam menyampaikan laporannya kepada stakeholders.

Dalam hal ini, penilaian ASRI Rating juga bersifat kualitatif dan kuantitatif, disajikan dalam bentuk dokumen laporan penilaian yang berisikan analisis pemenuhan kriteria dan rekomendasi yang bersifat teknis, bukan rekomendasi normatif yang disampaikan kepada masing-masing perusahan.

Baca juga:
BRI Sukses Manjakan Masyarakat Mojokerto Lewat PRS

"Penilaian ASRI juga dilaksanakan oleh tim independent secara transparan, semua perusahaan mendapatkan akses seluas luasnya untuk mengetahui kriteria penilaian sampai detail," papar dia.

"Dan proses penilaian dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan penilaian mandiri, sehingga memahami dengan baik kelebihan dan kekurangan SR (Sustainability Report) yang diterbitkan perusahaan dan membanding hasil penilaian mandiri dengan penilaian penyelenggara untuk pembelajaran," pungkasnya.