Pixel Code jatimnow.com

Jiwa Juang Pahlawan Genapi YPTA Surabaya dalam Membangun Tool of Management

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Rapat Penetapan Rancangan Bisnis dan Anggaran (RBA) YPTA berlangsung di Hari Pahlawan (Foto: Supangat for jatimnow.com)
Rapat Penetapan Rancangan Bisnis dan Anggaran (RBA) YPTA berlangsung di Hari Pahlawan (Foto: Supangat for jatimnow.com)

jatimnow.com - Yayasan Perguruan Tujuh Belas Agustus 1945 (YPTA) Surabaya mendorong satuan pendidikan dan unit-unit kerja di bawahnya dalam menyusun garis rancangan pendanaan yang telah disepakati bersama.

Bertepatan Hari Pahlawan, Kamis 10 November 2022, Rapat Penetapan Rancangan Bisnis dan Anggaran (RBA) berlangsung dengan digenapi oleh spirit dan semangat pejuang.

Sembari memperingati Hari Pahlawan 2022, Rapat Penetapan RBA yang berlangsung di Gedung Yayasan dan Rektorat Untag Surabaya dihadiri jajaran pengurus YPTA yang mengenakan pakaian dan atribut pahlawan.

Ketua YPTA Surabaya, J. Subekti menyampaikan bahwa penetapan rancangan RBA sesuai dengan peraturan pemerintah mengenai pendanaan perguruan tinggi.

"Dari pendanaan lembaga sekolah itu kemudian kami terapkan di dalam Surat Keputusan (SK) Yayasan. Dalam SK Yayasan itulah peraturan-peraturan yang menyangkut masalah pendanaan pendidikan kami jabarkan sesuai dengan kondisi yang ada di satuan-satuan pendidikan dalam lingkungan YPTA Surabaya," jelas Subekti, Kamis (10/11/22).

Sebagai salah satu lembaga pendidikan, YPTA Surabaya tak lagi wajib menjadi kebanggaan Kota Surabaya, tetapi panutan dan kebanggaan Indonesia. Dalam hal ini, Rapat Penetapan RBA kali ini ditunjang dengan semangat juang di Hari Pahlawan.

"Oleh sebab itu, maka di dalam penyusunan RBA kali ini kami juga disemangati oleh spirit juang terutama Arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga kedaulatan NKRI," tegasnya.

Baca juga:
Bambang DH Dorong Unit Pendidikan YPTA Peka Isu Global

"Kami pun menjaga kedaulatan NKRI melalui misi yang kami bawa yaitu misi pendidikan yang mana YPTA Surabaya melaksanakan amanat konstitusi di dalam pembukaan UUD 1945 'Mencerdaskan Kehidupan Bangsa' untuk menuju masyarakat yang sejahtera adil dan makmur," papar Subekti.

Subekti menyampaikan, di samping intelektualias, YPTA Surabaya juga mencanangkan Kampus Merah Putih Untag Surabaya menjadi kampus kompeten dan unggul dalam berperan meneruskan jiwa juang para pahlawan Indonesia.

"Artinya, baik itu dosen, tenaga pendidikan, tenaga kependidikan, maupun alumni harus mampu mengisi kemerdekaan melalui kemampuan2 teknologi, manajemen, dan budaya. Itulah yang menjadi misi kami dalam penyusunan RBA tahun ini," tambahnya.

Sementara Bendahara YPTA, Dr. Ontot Murwato menambahkan, sesuai SK Yayasan dalam menentukan penyusunan RBA tahunan itu juga tertuliskan poin penting. Di antaranya partisipatif, fleksibel, transparan, akuntabel, efektif & efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga:
Performance Improvement, Cara Unik YPTA Surabaya Tingkatkan Kinerja Struktural

"Sesuai dengan slogan "One Team, One Commitment, One Goals", besar harapan YPTA Surabaya dapat melangkah sesuai arah dan tujuan dengan digenapi semangat spiritualitas, intelektualitas, dan integritas yang tinggi," ungkap Ontot.

Penetapan RBA ini juga sebagai bukti tool management yang baik dalam sebuah lembaga pendidikan YPTA guna mempertahankan kualitas dan dapat selalu beradaptasi di kancah global yang semakin berubah.

"Dengan demikian maka cita-cita bangsa Indonesia agar pemerataan pendidikan bisa tercapai melalui kontribusi YPTA Surabaya. Oleh sebab itu, anggaran ini menjadi manajemen dalam merancang masa depan. Kata kuncinya adalah anggaran yang baik sebagai tool of management," tandasnya.