Pixel Code jatimnow.com

Mahasiswa Penerima Beasiswa EMCL Tingkatkan Literasi Melalui Buku

Editor : Rochman Arief Reporter : Misbahul Munir
Peluncuran buku 'Menciptakan Masa Depan' buah karya mahasiswa penerima Beasiswa Banyu Urip dari EMCL. (foto: Misbahul Munir / jatimnow.com)
Peluncuran buku 'Menciptakan Masa Depan' buah karya mahasiswa penerima Beasiswa Banyu Urip dari EMCL. (foto: Misbahul Munir / jatimnow.com)

jatimnow.com - Sejumlah mahasiswa penerima beasiswa Banyu Urip dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menerbitkan buku yang berjudul 'Menciptakan Masa Depan'. Buku itu merupakan buah karya tulis para mahasiswa untuk meningkatkan literasi masyarakat Kota Migas.

Harus diakui bila minat baca generasi muda di Bojonegoro masih minim. Hal ini disampaikan salah satu pegiat literasi, Agus Salim di sela peluncuran buku.

Ia berharap agar pemerintah daerah turut berpartisipasi meningkatkan minat baca generasi muda di Bojonegoro.

“Perpustakaan saat ini seperti kuburan angker, tempat dimakamkan deretan buku yang tak sekalipun terjamah manusia. Ini miris ketika sumber ilmu pengetahuan tidak lagi digandrungi generasi penerus bangsa,” katanya, Sabtu (12/11/2022).

Sementara itu, perwakilan dari EMCL, Beta Wicaksono menyambut antusias penerbitan buku tersebut. Menurutnya, mahasiswa harus menjalin relasi dengan siapa pun, sebagai modal untuk membangun konektivitas, sekaligus bersinergi dengan berbagai pihak.

“Ini menjadi salah satu hal penting untuk kita bersama meraih masa depan. Karena terus terang pintar dan cerdas saja tidak cukup,” ungkap Beta.

Dalam kesempatan itu, ia berharap terbitnya buku ini bisa menjadi nilai lebih bagi mahasiswa. Yaitu kesempatan mahasiswa penerima beasiswa untuk terus berkarya.

Adapun Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Nur Sujito mengucapkan terima kasih kepada EMCL yang telah memberikan Beasiswa Banyu Urip kepada para mahasiswa.

Baca juga:
Dugaan Penipuan Berkedok Arisan Bodong, 1 Saksi Diperiksa Polres Bojonegoro

Termasuk Forum TBM Bojonegoro yang telah memfasilitasi mahasiswa untuk berkarya.

“Ke depan program pengembangan SDM seperti ini bisa melahirkan generasi hebat pada 12-20 tahun mendatang,” terangnya.

Salah satu mahasiswa penerima Beasiswa Banyu Urip dari EMCL, Anisa mengucapkan terima kasih telah menerima fasilitas menempuh pendidikan.

Dengan diluncurkannya buku ini, ia berharap kepada seluruh pemuda Bojonegoro untuk terus produktif dan berkarya.

Baca juga:
Full Senyum! Bupati Anna Serahkan Mobil Dinas Baru untuk 28 Camat di Bojonegoro

Buku yang diluncurkan di hotel MCM, Jumat (11/11/2022) berkisah tentang perjuangan mahasiswa penerima beasiswa selama menempuh pendidikan dan menjadi mahasiswa.

Selain itu, juga berisi kiat-kiat bagaimana menyusun planning menggapai impian. Dalam hal ini, terdapat 20 mahasiswa dari berbagai kampus ternama di Indonesia yang ambil bagian dalam menyusun buku tersebut.

Hadir dalam acara tersebut adalah Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Bappeda, EMCL, dan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Bojonegoro bersama pegiat literasi lainnya.