Pixel Code jatimnow.com

Juara Umum LKSN PDBK, Khofifah Bangga Prestasi Pelajar Jatim

Editor : Rochman Arief Reporter : Farizal Tito
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (foto Dinas pendidikan Jatim for jatimnow.com)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (foto Dinas pendidikan Jatim for jatimnow.com)

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa bangganya atas capaian siswa berkebutuhan khusus dalam Lomba Keterampilan Siswa Nasional bagi peserta didik berkebutuhan khusus (LKSN PDBK) 2022.

Dalam ajang yang diselenggarakan Puspresnas Kemdikbud Ristek pada 24-27 Oktober 2022, siswa asal Jatim membawa tiga medali emas dan dua medali perak. Atas perolehan ini, Jatim menjadi Juara Umum LKSN PDBK 2022, untuk pertama kalinya.

Menurut Khofifah, di tengah keterbatasan dan kekurangan secara fisik yang dimiliki, siswa berkebutuhan khusus mampu menunjukkan jiwa kompetitifnya. Serta ajang bergengsi tahun ini menjadi wadah aktualisasi diri bagi siswa berkebutuhan khusus.

“Anak-anak ini tak kenal lelah dalam mengembangkan minat, bakat dan prestasi. Mereka terus belajar dan berani berkompetisi. Ini yang harus kita tiru, mereka anak-anak yang hebat,” ujar Khofifah, Senin (14/11/2022).

Lebih lanjut, mantan Menteri Sosial era Presiden Joko Widodo ini menilai jika prestasi ini buah kerja keras semua pihak. Baik guru maupun kepala sekolah yang memberikan pembinaan secara matang kepada siswa.

“Tentu juga para orang tua yang juga luar biasa. Bahkan, beberapa sekolah meminta pihak industri untuk mendampingi latihan siswa secara langsung. Selamat untuk anak-anakku, terima kasih atas dedikasi luar biasa yang diberikan. Termasuk guru, kepala sekolah dan juga orang tua. Terima kasih telah mengharumkan nama Jatim di kancah nasional,” kata Gubernur Khofifah.

Baca juga:
Dindik Jatim Gelar 1000 Insan Pendidikan Donor Darah

Lebih lanjut Gubernur perempuan pertama di Jatim ini menegaskan bahwa capaian Jatim sebagai Juara Umum LKSN PDBK ini melengkapi prestasi yang membanggakan lainnya. Sebut saja juara umum Olimpiade Sains Nasional selama tiga tahun berturut-turut yaitu tahun 2020, 2021 dan juga 2022.

Tidak hanya itu Jatim tahun ini juga berhasil menyabet dan juara umum Kompetisi Sain Madrasah.

“Lengkap sudah kebahagiaan Jatim, khususnya untuk bidang pendidikan. Di Tiga ajang bergengsi mulai OSN, KSN dan kali ini LKSN PDBK, Jatim yang menjadi Juara Umum. Alhamdulillah, Alhamdulillah Alhamdulillah,” pungkas Khofifah.

Baca juga:
Khofifah Instruksikan Dindik Jatim Bentuk Satgas Perlindungan Siswa di Sekolah

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyudi menambahkan kematangan penampilan siswa tidak lepas dari proses seleksi di tingkat kabupaten-ota hingga provinsi, yang melibatkan juri dari berbagai profesi, seperti dari industri, praktisi dan akademisi.

“Siswa SLB yang mewakili Jawa Timur telah terbiasa dengan keterampilan berbasis Vokasi Istimewa yang diluncurkan pada tahun 2020 lalu oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur,” urainya.