Pixel Code jatimnow.com

Pemkot Batu Raih WTP 7 Kali Berturut-turut

Editor : Redaksi Reporter : Advertorial
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto-foto: Diskominfo Kota Batu for jatimnow.com)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto-foto: Diskominfo Kota Batu for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu kembali menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan pemerintah daerah Tahun Anggaran 2021.

Penghargaan ini merupakan ketujuh kalinya berturut-turut yang diterima oleh De Kleine Switzerland (Swiss Kecil)-julukan Kota Batu.

Secara langsung penghargaan diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko pada Senin (14/11/2022) di Hotel Bumi Surabaya.

Dewanti mengatakan, keberhasilan Pemkot Batu meraih WTP secara berturut-turut bukan hal yang mudah. Pihaknya dan forkopimda harus memiliki komitmen luar biasa dan menjalin sinergi agar kinerja administrasi pengelolaan keuangan berjalan baik.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Sekda Zadim Effisensi dan Kepala BKAD M. ChoriWali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Sekda Zadim Effisensi dan Kepala BKAD M. Chori

"Alhamdulillah Pemkot Batu meraih WTP untuk ketujuh kalinya berturut-turut dari BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah Tahun Anggaran 2021. Prestasi ini bisa kami raih atas kerjasama yang sangat baik dengan seluruh SKPD, Forkopimda dan masyarakat," jelas Dewanti.

Menurut Dewanti, raihan ini tentu memiliki kunci dalam mewujudkan kinerja pengelolaan keuangan yang baik yaitu dengan berkolaborasi bersama antara Inspektorat dan juga Kejaksaan Negeri Kota Batu.

Baca juga:
55.845 Kepala Keluarga di Ponorogo Bakal Terima STB Gratis

"Sehingga bisa menjadi peringatan dini dan mengantisipasi kesalahan atau penyimpangan keuangan di Pemkot Batu. Tak hanya itu, pentingnya dalam pemahaman tentang kepatuhan dan kualitas penyusunan laporan keuangan dengan memenuhi standar akutansi pemerintah juga jadi penentu," papar dia.

Selain itu, adanya monitoring, evaluasi dan review rutin dilakukan dalam penyusunan maupun pelaporan juga jadi kunci. Lalu Pemkot Batu juga terus melakukan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur birokrasi secara berkelanjutan.

"Baik itu dari sisi kompetensi maupun profesionalitas. Sehingga aparatur memiliki kualitas dalam bekerja," urainya.

Penghargaan WTP 2022 untuk Kota BatuPenghargaan WTP 2022 untuk Kota Batu

Baca juga:
Meriahnya Art Flower Carnival Kota Batu

WTP ini merupakan bukti jika Pemkot Batu mampu menyajikan laporan keuangan yang wajar, baik, akuntabel dan tepat waktu. Kemudian ada empat indikator yang menjadi penentu kementerian/lembaga dan pemerintah daerah mendapatkan WTP.

"Harapan saya penghargaan yang diraih bisa dipertahankan setiap tahannya dan menjadi penyemangat kami untuk terus meningkatkan kinerja administrasi pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi. Tidak hanya efektif, tapi efisien, akuntabel, dan transparan," jelas Dewanti.

Perlu diketahui, capaian ini memiliki beberapa indikator. Pertama adalah laporan keuangan harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Kedua mengenai kelengkapan bukti yang memadai, dan ketiga pengendalian intern harus baik serta keempat penyusunan harus sesuai undang-undang. (ADV)