Pixel Code jatimnow.com

Pemkab Lamongan Raih Opini WTP 6 Kali Beruntun, Apa Dampak Bagi Masyarakat?

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menerima penghargaan Opini WTP dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menerima penghargaan Opini WTP dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 6 kali berturut-turut dari BPK RI.

Rupanya penghargaan ini adalah dukungan pemerintah pusat terhadap upaya penerapan iklim pemerintahan yang baik dalam pengelolaan keuangan negara.

Dari penjelasan singkat tersebut, dengan capaian Opini WTP 6 kali beruntun ini, sejatinya telah merepresentadikan kinerja Pemkab Lamongan dalam menggugah pertumbuhan yang berkesinambungan dari berbagai sektor.

Dengan kata lain, penggunaan anggaran keuangan yang dialokasikan benar-benar tepat guna, manfaat dan berdampak bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Khususnya Lamongan, saat ini sedang fokus masalah infrastruktur dan penurunan kemuskinan ekstrem.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut andil dalam keberhasilan mempertahankan capaian Opini WTP ini secara 6 kali berturut, saya sangat bangga. Saya berharap ini tidak hanya sekedar penghargaan atau capaian saja, tapi juga harus mampu memberikan dampak. Juga multiplier effect pada masyarakat, utamanya untuk kesejahteraan masyarakat. Itu yang paling utama," papar Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (Pak Yes), Senin (14/11/2022).

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang memberikan penghargaan itu secara langsung berpesan agar capaian tersebut dapat menjadi tolak ukur standar dan tertib administrasi serta akuntasi keungan daerah.

Baca juga:
Info Lur! Blangko KTP Habis, Warga Lamongan Diberi Surat Pengganti

"Tapi lebih dari itu, saya mohon agar kita semua tetap menjaga bahwa outcome dari seluruh anggaran yang kita gunakan ini betul-betul memiliki multiplier effect sesuai dengan pembukaan UUD 1945, bisa membangun kesejahteraan umum," pesan Khofifah.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jatim Taukhid, juga menyampaikan harapannya agar kondisi capaian ini benar-benar berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kondisi capaian ini sangat diharapkan bisa benar-benar berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dikelola untuk sebesar-besarnya kebutuhan rakyat," kata Taukhid.

Baca juga:
Semangat Beramal Warga Lamongan Meningkat Pascapandemi, Akumulasi ZIS Rp5,4 M

Dilaporkan Taukhid, di Jawa Timur terdapat 5 pemerintah daerah yang berhasil mempertahankan opini WTP 10 tahun berturut, dan 29 pemerintah daerah dengan capaian 5 tahun berturut.

Kabupaten Lamongan pada Tahun 2022 berhasil memperoleh Opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah Tahun 2021. Dengan demikian Opini WTP yang diperoleh Kabupaten Lamongan mencapai 6 kali berturut-turut tanpa terputus.