Pixel Code jatimnow.com

11 Titik Longsor Terjang Ponorogo, Begini Kondisinya

Editor : Rochman Arief Reporter : Mita Kusuma
Warga membersihkan longsor di Desa Selur (Mita Kusuma/jatimnow.com)
Warga membersihkan longsor di Desa Selur (Mita Kusuma/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sedikitnya 11 titik longsor menerjang Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Ini setelah hujan deras mengguyur lokasi sekitar Senin (14/11/2022) malam.

Kejadian tersebut menyebabkan warga Desa Selur kesulitan beraktivitas, lantaran sejumlah kawasan tertutup material longsor.

Dari data yang didapat jatimnow.com, 11 longsor meliputi Dusun Sobo dekat sawah Bengkok, Timur Bengkel Pak Bero, Pohon tumbang Barat Bengkel pak Bero, jalur ke Bowongan, dan Dekat sawah Jambon.

Nggeblak tiga titik longsor dan pohon tumbang, Darungan Jalur Sunggah dekat lapangan Darungan, Timur pak Jemani, Barat rumah pak Thebe longsor dan pohon tumbang, SDN 5 Selur dan Nggowang.

Untuk SDN 5 Selur, siswa dan guru tidak bisa melakukan aktivitas belajar mengajar. Sejumlah siswa dan guru membersihkan kelas bekas banjir.

Baca juga:
Prediksi Puncak Bencana Besar Tahun 2023, Teori Supranatural Begini

“Kemarin hujan lebat terlalu lama, akhirnya ada selokan yang tersumbat, air mengalir masuk sekolah semua,” tutur Kepala Sekolah SDN 5 Selur, Karsini di lokasi.

Karsini menambahkan karena derasnya aliran air menyebabkan pagar dan plengsengan milik SDN 5 Selut ambruk. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Ia mengaku jika kelas 1 hingga kelas 3 diberlakukan sistem daring atau online. Sedangkan kelas 4 sampai 6, seluruh siswa masuk. Tetapi para siswa yang masuk hanya bersih-bersih bersama guru dan warga.

Baca juga:
Waspada! Tanah Longsor di Jembatan Jetak Bojonegoro

Salah satu siswa, Risti Muslimat mengaku kelasnya kotor akibat banjir. Ia bersama puluhan siswa lain pun akhirnya bersih-bersih kelas dan sekolah.

“Hari ini nggak belajar, tapi bersih-bersih kelas dan sekolah,” pungkas Risti.