Pixel Code jatimnow.com

Bupati Sugiri Sancoko Gercep Tangani Longsor di Ngrayun Ponorogo

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
Kang Giri saat datang ke lokasi longsor di wilayah Ngrayun. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Kang Giri saat datang ke lokasi longsor di wilayah Ngrayun. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

jatimnow.com - Longsor menerjang wilayah Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo hingga menutup akses jalan yang berada di wilayah setempat.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko langsung gerak cepat (gercep) turun tangan mengatasi bencana longsor yang mengepung Kecamatan Ngrayun. Alat berat diterjunkan untuk membuka akses jalan warga yang tertutup akibat terjangan longsor.

"Kami datangkan satu unit alat berat untuk membuka akses jalan warga. Ini sangat vital jalannya," ujar Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko, Selasa (15/10/2022)

Kang Giri mengatakan diturunkan alat berat agar lalu lintas warga tidak terganggu denga matrial longsor yang menutup jalan.

"Kita percepat dulu pembukaan akses jalan warga, karena titik longsor yang parah terjadi di akses jalan," katanya.

Baca juga:
Viral Video Warga Bawa Keranda Jenazah Terjang Arus Sungai di Ponorogo

Pendataan masih terus dilakukan bagi wilayah yang terdampak longsor di Kecamatan Ngrayun. Juga upaya mitigasi pencegahan bencana longsor agar tidak kembali terjadi.

"Ini sedang didata dampaknya, termasuk yang sekolah juga," beber Kang Giri ditemui di lokasi.

Untuk upaya mitigasi, kata dia, sangat penting. Mengingat hujan masih tinggi. Warga yang berada di kawasan potensi longsor diharapkan untuk waspada dan sigap bila muncul tanda-tanda longsor.

Baca juga:
Kakang Senduk 2022 Dinobatkan, Kang Giri: Nama Ponorogo Ada di Pundak Mereka

Sementara itu, dari data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, longsor yang terjadi pukul 20.00, Senin (14/11/2022) malam kemarin itu, membuat sejumlah jalan antardesa dan dusun di wilayah ini tertutup longsor.

Kondisi paling parah terjadi di Desa Selur dengan total 11 titik longsor. Tak hanya di Selur, longsor juga terjadi di Desa Gedagangan, Cepoko, dan Wonodadi Kecamatan Ngrayun. (ADV)