Pixel Code jatimnow.com

Selamat! Kota Mojokerto Raih 3 Penghargaan Bidang Kesehatan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menerima penghargaan. (Foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menerima penghargaan. (Foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)

jatimnow.com - Kota Mojokerto meraih tiga penghargaan sekaligus di bidang kesehatan. Penghargaan itu diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono mewakili Gubernur Jatim, dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 Provinsi Jawa Timur.

Tiga penghargaan yang berhasil diraih Kota Mojokerto yakni pencapaian imunisasi tambahan MR (Bian) minimal 95 persen pada perpanjangan 1, telah lolos verifikasi penilaian kabupaten/kota sehat Provinsi Jawa Timur tahun 2022 dan sebagai kabupaten/kota di Jawa Timur yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC).

"Selamat kami ucapkan, kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang telah betul-betul melaksanakan semua kebijakan, program, layanan dalam rangka peningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," kata Sekda Jatim Andy Karyono, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (16/11/2022).

Ia menambahkan, mengajak pemerintah kabupaten/kota di Jawa Timur untuk bersama-sama mengatasi beberapa PR tersisa. Di antaranya angka kematian ibu yang akselerasinya di bawah 1 persen, kasus stunting dan kasus TBC.

"Provinsi Jawa Timur dengan Nawa Bhakti Satya nya terus mengupayakan bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kualitas layanan tenaga dan fasilitas layanan kesehatan kita," jelasnya.

Pemprov Jatim telah melakukan reformasi birokrasi khususnya terkait dengan pelayanan publik dengan mengedepankan sistemik dan digital.

Baca juga:
Dongeng Cerita Rakyat Ramaikan 4 Tahun Ning Ita Mengabdi di Kota Mojokerto

"Semua kegiatan di OPD dan juga di rumah sakit- rumah sakit kita mengarah pada sistemik dan digital. Semua menggunakan aplikasi, e-arsip, e-resep," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang turut hadir secara langsung pada prosesi penyerahan penghargaan tersebut turut mengungkapkan syukur dan apresiasi kepada pihak yang telah terlibat.

"Alhamdulillah, seluruh penghargaan yang diterima hari ini menjadi bukti atas keseriusan komitmen Pemkot Mojokerto dalam memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada warga Kota Mojokerto. Serta, terimakasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat," ungkap perempuan yang akrab disapa Ning Ita.

Baca juga:
Unik, Pemuda di Mojokerto Potong Rambut Amal untuk Korban Gempa Cianjur

Wali Kota Mojokerto perempuan pertama ini menegaskan, capaian penghargaan tersebut menjadikan sesuatu agar lebih baik lagi.

"Sudah semestinya kami tidak lantas berpuas diri. Capaian ini menjadi suatu cambuk motivasi, agar kami ke depan menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.