Pixel Code jatimnow.com

Lima Kapal Asing Sandar di Surabaya, Catat Tanggalnya

Editor : Rochman Arief
Salah satu kapal pesiar saat sandar di Gapura Surya Nusantara 2019 silam. (foto: Pelindo Regional Jawa Timur for jatimnow.com)
Salah satu kapal pesiar saat sandar di Gapura Surya Nusantara 2019 silam. (foto: Pelindo Regional Jawa Timur for jatimnow.com)

Jatimnow.com - Penanganan penyebaran dan melandainya virus corona berdampak positif bagi geliat pariwisata di Kota Surabaya.

Hal ini ditandai dengan kunjungan kapal pesiar atau cruise berbenda Norwegia yang akan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak pada 20 November mendatang.

Deputi Manajer Umum dan Humas PT Pelabuhan Indonesia Regional Jawa Timur, Rendy Fendy mengatakan bahwa cruise yang akan sandar adalah MS Viking Orion.

"Kapal dengan length overall (LOA) 222,8 meter ini akan sandar di Gapura Surya Nusantara sekitar pukul 05.00 WIB dan akan berangkat pukul 18.00 WIB," katanya kepada jatimnow.com, Selasa (15/11/2022).

Ia menambahkan jika Pelindo Regional Jawa Timur telah melakukan rangkaian persiapan. Terutama berkaitan dengan penyambutan wisatawan asing yang hendak masuk.

Baca juga:
MV Viking Orion Batal Sandar di Pelabuhan Perak, Ini Penjelasan Pelindo

Pada dasarnya persiapan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan sebelum pandemi Covid-19. Hal yang membedakan adalah antisipasi penyebaran virus corona.

"Seluruh wisatawan diberlakukan pemeriksaan dokumen, suhu tubuh (dengan alat thermal scanner), mengenakan masker, menjaga jarak, dan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19," imbuhnya.

Adapun keterlibatan Bea Cukai terkait pemeriksaan barang bawaan tetap digandeng. Demikian juga dengan Syahbandar, Otoritas Pelabuhan, KKP, Imigrasi Tanjung Perak, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Jatim, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur; Dinas Kebudayaan, kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata Kota Surabaya, serta beberapa pihak terkait.

Baca juga:
Surabaya Sajikan 10 Spot Wisata Sambut Kedatangan 5 Kapal Pesiar Asing

Sebagai informasi, selain sandarnya kapal MS Viking Orion pada 20 November 2022, cruise lain yang dijadwalkan menyusul adalah MV Regatta (24 Nopember), MV Viking Mars, Seven Seas Explorer, dan MV Genting Dream pada Desember mendatang.

Laporan: Rama Indra