Pixel Code jatimnow.com

Lagi, Bunga Bangkai Ditemukan di Ponorogo

Editor : Rochman Arief Reporter : Mita Kusuma
Pekarangan milik Rokhim, warga Ponorogo tumbuh bunga bangkai yang kerap dijadikan tontonan warga sekitar. (foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Pekarangan milik Rokhim, warga Ponorogo tumbuh bunga bangkai yang kerap dijadikan tontonan warga sekitar. (foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

jatimnow.com – Warga Ponorogo dikejutkan dengan tumbuhnya bunga bangkai di pekarangan rumah. Padahal bunga ini pernah tumbuh 20 tahun silam.

Pemilik pekarangan rumah, Rokhim warga Desa Ronosentanan, Kecamatan Siman menemukan dua bunga sekaligus.

Saat jatimnow.com datang ke lokasi, dua bunga bangkai terdiri atas satu yang masih kuncup, dan satu lagi sudah bermekaran. Tetapi bunga yang mekar belum berbau.

“Ukurannya kisaran lingkar bunga atau diameter 150 centimeter, tingginya sekitar 60 centimeter,” ujar Rokhim, Rabu (15/11/2022).

Ia menjelaskan bahwa bunga bangkai itu sudah tumbuh dua kali Imi. Tumbuh pertama pada 20 tahun lalu, saat Rokhim masih duduk di bangku SD.

“Ya di sini ini, di halaman bapak saya ini,” Rokhim kepada jatimnow.com.

Ia mengatakan dulu waktu kecil bapaknya langsung membabat habis bunga bangkai. Saat pembabatan 2o tahun silam, tidak banyak yang tahu bila di pekarangan ada bunga bangkai.

Baca juga:
Pemenang Lelang Tak Datang, Perbaikan Jalan Lintas Mlilir - Ngebel Gagal

Namun empat hari lalu, ia baru paham bila tanaman di pekarangannya adalah bunga bangkai. Itu pun saat ia tengah membakar sampah di pekarangan dan menemukan bunga besar. Selanjutnya ia mencari tahu melalui media sosial, YouTube.

“Empat hari lalu menemukan bunga besar dan belum mekar. Kemudian saya melihat di YouTub, dan memastikan ini adalah bunga bangkai,” katanya.

Meski belum mekar, namun lalat sudah menempel di bunga bangkai. Biasanya lalat menghampiri bunga ini apabila sudah mekar dan mengeluarkan bau.

Baca juga:
40 Pemilik Motor Dikumpulkan di Polres Ponorogo, Ada Apa Sih?

“Untuk saat ini tidak akan dibabat, kalau sore banyak yang lihat anak-anak itu,” pungkasnya.

Keberadaan bunga bangkai di Ponorogo sudah dua kali ditemukan. Sebelumnya jatimnow.com pernah melaporkan adanya bunga serupa di Desa plalangan, Jenangan, November 2021.

Bunga bangkai merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan, sekaligus tanaman endemik dari Sumatra. Tanaman ini juga dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga di dunia.