Pixel Code jatimnow.com

Surabaya Sajikan 10 Spot Wisata Sambut Kedatangan 5 Kapal Pesiar Asing

Kapal Pesiar Asing saat sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Foto: Dok. Staf Humas Pelindo Jawa Timur)
Kapal Pesiar Asing saat sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Foto: Dok. Staf Humas Pelindo Jawa Timur)

jatimnow.com - 10 spot wisata di Surabaya bakal dibuka maksimal menyusul keluarnya jadwal sandar 5 kapal pesiar asing di Pelabuhan Tanjung Perak pada November ini sampai Desember 2022.

Untuk itu, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Surabaya telah menyiapkan sejumlah spot wisata untuk para wisatawan asing.

Kepala Disbudparpora Kota Surabaya, Wiwiek Widyawati menyebut bahwa momen sandarnya kapal pesiar asing itu akan menggunakan konsep yang meriah.

"Ini dikarenakan kunjungan perdana dari kapal pesiar ke Surabaya, sejak Pandemi Covid-19. Kami akan menyambut kapal tersebut dengan hospitality dan keunikan dari Kota Surabaya," jelas Wiwiek, Rabu (16/11/22).

Sebab, di situ terdapat peluang atas berkumpulnya wisatawan asing, sehingga momen tersebut tidak akan disia-siakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

"Kedatangan kapal pesiar ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan asing setelah Pandemi Covid-19 lalu," tambah Wiwiek.

Baca juga:
MV Viking Orion Batal Sandar di Pelabuhan Perak, Ini Penjelasan Pelindo

Untuk itu, 10 spot wisata di Surabaya akan dibuka maksimal mulai November ini sampai Desember.

"10 spot destinasi wisata tersebut adalah Pasar Tradisional Genteng, Kampung Pecinan, Tugu Pahlawan, Balai kota, Kenjeran Park, Klenteng Hok San Tan, Museum Cokroaminoto, Surabaya Kriya Galeri, Gereja Perawan Maria Kepanjen, Pura Jagad Kirana," papar Wiwiek.

Sehingga ke depan, Disporabudpar Kota Surabaya berencana untuk melakukan optimalisasi potensi di bidang pariwisata.

Baca juga:
Lima Kapal Asing Sandar di Surabaya, Catat Tanggalnya

"Upaya untuk mengoptimalkan kunjungan ini, harus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya mereka pelaku industri pariwisata," pungkasnya.

Kapal pesiar yang sandar itu adalah MS. Viking Orion pada 20 November dan Kapal MV.Regatta pada 24 Nopember 2022. Lalu MV.Viking Mars, Seven Seas Explorer, dan MV.Genting Dream pada 9, 12, 15, dan 20 Desember 2022.

Pemerintahan

UMP 2023 Jawa Timur Naik 7,8 Persen

Kenaikan UMP 2023 ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Jatim Nomor 188/860/KPTS/013/2022 tanggal 21 November 2022 tentang Upah Minimum Jatim.