Banjir Pacitan

18 Rumah Nyaris Hanyut, Baru Dua KK yang Diungsikan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Rumah warga yang nyaris hanyut banjir di Pacitan

jatimnow.com - Hujan deras terus mengguyur Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan mulai Kamis kemarin hingga Jumat (9/3/2018) pagi ini.

Selama dua hari hujan, banjir merusak sejumlah lahan yang berada di bibir sungai. Tidak hanya itu, sebanyak 18 rumah yang ada di Dusun Hilir, Desa Karangrejo, Kabupaten Pacitan hampir hanyut. Karena debit sungai Grindulu terus meningkat.

Bahkan, ganang di halaman rumah terus terkikis. Jarak antara rumah dengan sungai tidak lebih dari 2 meter.

Meski demikian, dari 18 rumah yang dihuni 45 warga , hanya 2 KK yang mengungsi. Itu pun karena dipaksa, karena semakin membahayakan.

Alasan mereka yang bertahan karena memang seluruh harta benda masih ada di dalam rumah. Pun akses keluar dusun terputus karena jembatan ambrol.

"Masih di rumah. Tidak ada lahan untuk lokasi yang baru. Akses jalannya juga terputus. Jembatannya kan ambrol," kata Mutrifin, salah satu warga.

Dia pun mengaku khawatir, karena derasnya air sungai dan hujan. Pasti lambat laun akan menghanyutkan rumahnya.

Sementara, Kepala Desa Karangrejo, Sukoiri, mengatakan 18 KK masih ingin bertahan di rumahnya masing-masing.

"Dari desa tidak bisa berbuat banyak. Namun dia berharap Pemkab Pacitan segera turun tangan. Turun lebih cepat, karena kondisinya samgat mendesak," katanya.

Dia menjelaskan, yang paling perlu adalah tanggul atau plengsengan. "Ya pengennya dibuat plengsengan saja," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0801, Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang , mengaku, memang ada 18 rumah terancam hanyut. Dua KK sudah diungsikan, yaitu Toha dengan 3 anggota keluarganya dan Simis dengan 4 anggota keluarganya.

"Lainnya masih bertahan. Dua itu kami ungsikan karena memang membahayakan," kata Letkol Kav Aristoteles.

 

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter