Pixel Code jatimnow.com

Ketika, 160 Lansia Siswa Selantang di Kota Pasuruan Diwisuda

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Moch Rois
Wisuda 160 lansia di Kota Pasuruan yang lulus siswa Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) - (Foto-foto: Pemkot Pasuruan)
Wisuda 160 lansia di Kota Pasuruan yang lulus siswa Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) - (Foto-foto: Pemkot Pasuruan)

jatimnow.com - 160 lansia di Kota Pasuruan yang menjadi siswa Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) dinyatakan lulus dan diwisuda oleh Wali Kota Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Selantang ini adalah program BKKBN Jawa Timur untuk membina para lansia agar berdaya. Selama menjalani pendidikan Selantang, para lansia diberikan materi pengetahuan di bidang aspek spiritual, fisik, vokasional, sosial dan lingkungan, serta intelektual.

"Kota Pasuruan, Kota Malang, dan Kabupaten Jombang mendapatkan mandat menjadi pilot project penyelenggaraan Sekolah Lansia Tangguh. Alhamdulillah saya bangga, bahagia, dan bersyukur program ini berjalan baik dan mampu meluluskam 160 wisudawan-wisudawati," jelas Gus Ipul dalam siaran pers yang diterima jatimnow.com, Jumat (18/11/2022).

Di depan keluarga 160 wisudawan Selantang, pada Kamis (17/11/2022) kemarin, Gus Ipul mengatakan jika pemerintah telah banyak melahirkan kebijakan bagi kesejahteraan para lansia.

Program Selantang ini juga merupakan salah satu kebijakan yang mampu untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku sehat lansia, meningkatkan usia harapan hidup lansia yang berkualitas dan berdaya guna, serta meningkatkan kebahagiaan dan kemandirian lansia.

Wisuda 160 lansia di Kota Pasuruan yang lulus siswa Sekolah Lansia Tangguh (Selantang)Wisuda 160 lansia di Kota Pasuruan yang lulus siswa Sekolah Lansia Tangguh (Selantang)

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Matangkan Program Penurunan Angka Stunting

"Selantang ini menjadi quick win pemerintah yang cepat dan sesuai target sasaran melahirkan lansia yang sehat jasmani dan rohaninya, mandiri, dan sejahtera terpenuhi kebutuhan lahir batunnya," ujar dia.

Gus Ipul pun mengajak agar para generasi muda untuk meneladani semangat yang ditunjukkan oleh para lansia yang masih mau belajar dan menggali pengetahuan di usia senja.

Ke depan, Gus Ipul juga ingin peserta sekolah lansia tangguh angkatan selanjutnya mampu mengakomodasi lansia di seluruh kelurahan. Sebab dalam pelaksanaan Selantang angkatan perdana ini, belum semua kelurahan mengirimkan perwakilan lansianya untuk mengikuti pembelajaran.

Baca juga:
Berhasil Menaikkan Nilai SAKIP, Pemkot Pasuruan Raih Penghargaan MenPAN-RB

"Sebagai bentuk syukur kita, InsyaAllah nanti berikutnya akan kita selenggarakan di tiap-tiap kelurahan. Pemkot akan fasilitasi penyelenggaran Sekolah Lansia Tangguh ini di tiap kelurahan untuk angkatan selanjutnya," tutupnya.

Dalam pelaksanaannya, Selantang terbagi dalam empat kelas. Yaitu kelas Melati Putih di Kelurahan Purworejo, kelas Teratai di Kelurahan Bugul Kidul, kelas Bunga Tanjung di Kelurahan Petahunanan, Kelurahan Gentong dan Kelurahan Krapyakrejo. Sedangkan kelas Harmoni di Kelurahan Petamanan dan Pekuncen.

Adapun peserta tertua dalam program Selantang angkatan pertama Tahun 2022 ini tercatat berusia 81 tahun.