Pixel Code jatimnow.com

Ini 2 Event Seru di Kota Batu, Batu Art Festival dan KWB Auto Rally

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko bersama panitia Batu Art Festival dan KWB Auto Rally 2022. (Foto:
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko bersama panitia Batu Art Festival dan KWB Auto Rally 2022. (Foto:

jatimnow.com - Dalam waktu dekat akan ada event yang cukup luar biasa untuk menyemarakkan HUT ke-21 Kota Batu. Total ada dua event yaitu Batu Art Festival dan KWB Auto Rally 2022.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko berharap kedua event yang bakal dihelat bulan November dan Desember tersebut bisa menyemarakkan serta mengundang perhatian para wisatawan untuk datang ke Kota Batu serta mengenalkan ragam wisata desa yang ada, sehingga mampu menggeliatkan perekonomian.

"Semoga dua event tersebut bisa mengeksplore wisata, tempat oleh-oleh, dan sebagainya yang tersebar di setiap desa/kelurahan yang ada di Kota Batu. Sehingga para wisatawan bisa menikmati keindahan jalan yang ada di Kota Wisata Batu dan ingin selalu kembali lagi," katanya saat konferensi pers, Sabtu (19/11/2022).

Sementara itu panitia Batu Art Festival 2022, Titik S Ariyanto mengatakan untuk mensukseskan event tersebut Jatim Park Group (JTP) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Batu.

"Tujuannya untuk menambah keindahan beberapa ruas jalan yang ada di Kota Batu. Masyarakat dapat mengikuti event ini secara gratis. Warga bisa mendaftar hingga 26 November 2022 mendatang," kata Manager Marketing and Public Relationship Jatim Park Group ini.

Secara rinci event Batu Art Festival merupakan lomba hias pohon dengan lampu dan seni instalasi. Untuk itu, JTP sebagai inisiator event tersebut berharap banyak yang ikut serta dalam lomba tersebut.

"Sehingga acara ini bisa mempercantik pohon di beberapa jalan yang ada di Kota Batu. Ada beberapa jalan yang ditetapkan sebagai lokasi dekorasi Batu Art Festival 2022 antara lain Jalan Ir Sukarno yang ada di Junrejo, Jalan Hasanuddin atau di depan Among Tani Foundation (ATF), Jalan Panglima Sudirman mulai dari depan kantor BCA hingga depan Hotel Kartika Wijaya," imbuhnya.

Baca juga:
Saat Dewanti Ceritakan Potensi Kota Batu pada Wartawan se Indonesia

Lalu Jalan Trunojoyo atau depan halte yang ada di Jalan Mawar, kemudian Jalan Agus Salim yakni Perempatan Sini Sono. Jadi kelima jalan ini yang nantinya akan menjadi lokasi dekorasi dan akan dinilai oleh juri untuk mendapatkan pemenang dan pemberian hadiah,” paparnya.

Selain itu ada beberapa tema yang disiapkan oleh pihak panitia kepada para peserta seperti, budaya lokal, flora dan fauna, milenial, artistik, dan kekinian.

"Panitia juga sudah menyiapkan hadiah  total mencapai Rp95 juta. Untuk itu mari masyarakat bisa mendaftar dan berpartisipasi. Untuk mendaftarkan diri peserta bisa mendaftar melalui link berikut https://lynk.id/batuartfestival," terangnya.

Kemudian, Ketua event KWB Auto Rally 2022, Arif Waworuntu mengatakan event ini memiliki tujuan mendongkrak kunjungan wisata serta menggeliatkan perekonomian di desa/kelurahan. Sebab rally bertema keluarga ini diikuti 200 mobil bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur.

Baca juga:
Pilkada 2024 Kota Batu: Dewanti Rumpoko Santai, PKB Sodorkan Nurochman

"Dari 200 mobil, 50 persennya merupakan luar Kota Batu atau wisatawan. Tentu nanti bisa berdampak positif kepada pengelola destinasi wisata yang ada di desa/kelurahan. Entah nanti mereka membeli oleh-oleh, makanan atau minuman, dan sebagainya," paparnya.

Harapannya melalui rally mampu mengenalkan wisatawan pada potensi-potensi wisata di desa. Apalagi tidak hanya event fun rally saja karena ada event automotif contest melibatkan 60 kendaraan modifikasi.

"Nanti peserta rally maupun modifikasi cukup membayar Rp350 ribu dan sudah mendapatkan beberapa merchandise menarik dari panitia. Paling seru nanti yaitu rute yang sudah disiapkan untuk peserta, makanya ramaikan," tutupnya.