Pixel Code jatimnow.com

Jombang Punya Taman Informasi, Mau Tahu Fungsinya?

Editor : Rochman Arief Reporter : Elok Aprianto
Taman Informasi di Alun-alun Kota Jombamg dijadikan tempat edukasi dan pusat informasi masyarakat. (foto: Humas Pemkab Jombang for jatimnow.com)
Taman Informasi di Alun-alun Kota Jombamg dijadikan tempat edukasi dan pusat informasi masyarakat. (foto: Humas Pemkab Jombang for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten Jombang terus berbenah diri dengan mempercantik sejumlah kawasan. Salah satunya di kawasan tengah kota. Tepatnya di simpang empat Jalan KH Wahid Hasyim, atau persisnya dekat kantor PT PLN.

Di lokasi tersebut terdapat sebuah ruang terbuka hijau yang baru diresmikan Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab beserta Wakil Bupati Sumrambah. Kedua sosok penting di Kota Santri ini baru saja meresmikan Taman Informasi.

Bagi masyarakat yang belum mengetahui apa kegunaan taman itu, artinya Anda wajib berkunjung. Karena taman ini merupakan taman edukasi selain sebuah Kebon Ratu, dan Alun-alun Jombang.

Menurut Bupati Jombang, Hj Mundjidah, Taman Informasi bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama sebagai tempat berinteraksi sekaligus edukasi.

“Taman Informasi ini ditayangkan di videotron tentang program Pemkab Jombang, juga ada fasilitasi panggung space kecil untuk berekspresi bagi pelajar juga komunitas,” kata Bupati, Senin (21/11/2022).

Bupati menegaskan jika Taman Informasi ini bisa dimanfaatkan untuk umum dan sarana edukasi. Terutama masyarakat yang melaksanakan kegiatan car free day atau car free night sesuai jadwal.

“Caranya mudah, cukup mengajukan surat permohonan penggunaan Taman Informasi kepad Dinas Lingkungan Hidup. Dengan demikian, ada yang bertanggung jawab terhadap keamanan, ketertiban pengelolaan sampah, parkir dan fasiltas umum lainnya,” paparnya.

Baca juga:
Pemkab Jombang Terima Penghargaan WTP 9 Kali Berturut-turut

Bupati Jombang Hj Mundjidah dan Wakil Bupati Jombang Sumrambah saat meresmikan Taman Informasi. (foto: Diskominfo Pemkab Jombang for jatimnow.com)Bupati Jombang Hj Mundjidah dan Wakil Bupati Jombang Sumrambah saat meresmikan Taman Informasi. (foto: Diskominfo Pemkab Jombang for jatimnow.com)

Selain itu, ia menjelaskan jika fasilitasi semacam ini juga telah dilakukan pemkab di Alun-alun Jombang maupun Kebon Ratu.

“Taman Informasi ini sebagai media komunikasi dari Pemkab Jombang kepada masyarakat, karena video yang di tayangkan bersifat informatif,” ujarnya.

Baca juga:
Bupati Mundjidah Berikan Reward Dana Pendidikan Bagi Anggota Paskibraka Jombang

Untuk itu, Pemkab Jombang mengajak seluruh masyarakat turut serta menjaga fasilitas umum yang disediakan untuk kepentingan masyarakat.

“Mari kita jaga bersama sama fasilitas umum di Taman Informasi juga taman yang lainnya. Tetap jaga ketertiban keamanan, juga kebersihannya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, peresmian Taman Informasi ini dirangkai dengan Kampanye Pembatasan plastik sekali pakai oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang. Seluruh kegiatan juga ditayangkan melalui videotron saat berlangsung.