Pixel Code jatimnow.com

Pilkada 2024 Kota Batu: Dewanti Rumpoko Santai, PKB Sodorkan Nurochman

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko masih belum memberikan sinyal jelas apakah dirinya akan maju lagi dalam Pilkada 2024.

Saat ditanya terkait Pilkada 2024, Dewanti tidak banyak komentar. Dia mengaku ingin menikmati kemerdekaan selepas menjabat sebagai walikota. Di mana Dewanti dan Punjul Santoso akan mengakhiri jabatan mereka pada 27 Desember 2022.

"Saya mau menikmati kemerdekaan dulu. 2024 masih lama. Ingin berkumpul bersama keluarga. Tapi saya akan terus mengikuti perkembangan pembangunan Pasar Induk Among Tani. Karena nanti saya adalah warga biasa, jadi tetap bisa memantau proses pembangunan," ungkap Dewanti, Senin (21/11/2022).

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) ini tidak ingin tergesa-gesa menghadapi Pilkada 2024. Katanya, strategi nantinya sesuai keputusan partai.

"Nanti tergantung partai. Kami sangat tergantung utusan partai. Pada Pemilu 2024 itu harus kami sikapi dengan kedewasaan berdemokrasi. Siapa yang menjadi pemimpin harus punya kredibilitas. Nanti rakyat yang memilih," jelas dia.

Sejauh ini memang belum ada sosok yang mencuat ke publik Kota Batu sebagai calon wali kota. Meskipun sebelumnya, PKB telah mengusulkan Nurochman sebagai calon wali kota.

Baca juga:
Saat Dewanti Ceritakan Potensi Kota Batu pada Wartawan se Indonesia

PKB juga telah bertemu dengan pengurus Gerindra. Pertemuan tersebut menjadi momentum koalisi. PKB dan Gerindra adalah partai dengan kursi terbanyak kedua dan ketiga di DPRD Kota Batu.

Terkait itu, Nurochman menyatakan koalisi tersebut bisa menjadi langkah realisasi yang telah dirumuskan oleh pengurus partai tingkat pusat.

"Namun tidak kalah pentingnya untuk menata Kota Batu terutama dalam Pileg, Pilkada dan Pilpres," jelasnya.

Baca juga:
Perolehan Medali Tahun 2022 Jadi Prestasi Tertinggi KONI Kota Batu

Cak Nur-sapaan akrabnya mengungkapkan, koalisi tersebut diharapkan bisa mengantarkan kemenangan pada Pemilu 2024 mendatang. Dia menjelaskan, koalisi dua partai telah terwujud di legislatif dan diharapkan berlanjut ke eksekutif.

Ketua DPC Gerindra Kota Batu, Heli Suyanto menyatakan, koalisi antara Gerindra dan PKB Kota Batu diwujudkan dengan segera membuat sekretariat bersama, mengikuti instruksi DPP.

"Tidak menutup kemungkinan partai lain bergabung untuk koalisi. Kerja sama ini bisa sampai mengawal dalam pemilu, mulai legislatif hingga pilpres," tandasnya.