Pixel Code jatimnow.com

Empati Bencana Cianjur, Pelajar di Mojokerto Lakukan Salat Gaib

Editor : Rochman Arief Reporter : Achmad Supriyadi
Sejumlah siswa menjalankan doa bersama dan salat gaib untuk mendoakan korban bencana Cianjur. (foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)
Sejumlah siswa menjalankan doa bersama dan salat gaib untuk mendoakan korban bencana Cianjur. (foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Siswa dan para guru di Kota Mojokerto melakukan salat gaib dan doa bersama. Dalam kegiatan itu juga dibarengi penggalangan donasi untuk membantu korban bencana gempa bumi Cianjur yang menelan 162 korban jiwa.

Seperti di SMPN 5 Kota Mojokerto, semua siswa dan guru khusyuk menjalankan saat salat gaib. Adapun pelajar dan guru nonmuslim, memanjatkan doa sesuai keyakinan masing-masing.

Salah satu siswa SMPN 5 Kota Mojokerto, Rizki Andri Wijaya mengatakan bahwa ia dan temannya prihatin atas musibah yang merenggut ratusan nyawa.

“Melaksanakan kegiatan ini untuk mendoakan para korban yang meninggal, maupun luka-luka agar segera pulih. Yang luka semoga lekas sembuh, dan untuk semua keluarga korban diberi ketabahan,” kata Rizki, Selasa (22/11/2022).

Pengumpulan donasi yang dilakukan pelajar di Kota Mojokerto. (foto: Achmad Supriyadi)Pengumpulan donasi yang dilakukan pelajar di Kota Mojokerto. (foto: Achmad Supriyadi)

Baca juga:
Gempa Jember, BMKG Imbau Warga Cek Kondisi Rumah

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Amin Wachid menjelaskan, jika bantuan dari seluruh sekolah baik jenjang SD maupun SMP negeri/swasta akan disalurkan dalam bentuk rekening ke Pemkab Cianjur.

Menurutnya sudah ada 19 SMP negeri dan swasta yang ikut memberikan bantuan donasi. Sedangkan untuk SD sudah 42 sekolah negeri maupun swasta serentak melaksanakan kegiatan moril ini di masing-masing sekolah.

Baca juga:
Pemkab Bojonegoro Kerja Sama dengan BMKG untuk Mitigasi Bencana Daerah

“Kegiatan ini juga bagian dari rangkaian peningkatan iman dan taqwa di sekolah. Salah satunya mampu menumbuhkan empati terhadap korban Cianjur, baik muslim maupun nonmuslim. Dan ini akan kita donasikan tetap dalam bentuk uang lewat rekening ke Pemkab Cianjur,” pungkasnya.