Pixel Code jatimnow.com

Jaga Daya Beli Masyarakat, Pemkot Pasuruan Gelar Operasi Pasar Murah

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Pemkot Pasuruan gelar operasi pasar murah. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)
Pemkot Pasuruan gelar operasi pasar murah. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)

jatimnow.com - Operasi pasar murah menjadi salah satu implementasi dari gerakan stabilisasi pangan di tengah tingginya harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat.

Operasi pasar murah memberikan prioritas utama untuk menjaga pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan meningkatkan daya beli masyarakat di lapisan bawah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Perindustrian dan Pedagangan Kota Pasuruan menyelenggarakan operasi pasar murah tahap II Tahun 2022, pada hari Senin tanggal 21 November 2022 di Aula Pendopo Kecamatan Gadingrejo. Sebelumnya, tahap pertama telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pasuruan di Kecamatan Purworejo pada saat Bulan Ramadhan lalu.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Dan Pedagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah, operasi pasar murah ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan subsidi harga pembelian kebutuhan bahan pokok masyarakat, meningkatkan akses pangan masyarakat dengan harga yang terjangkau, serta memfasilitasi masyarakat Kota Pasuruan dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari.

Adapun sasaran dalam kegiatan ini yakni masyarakat Kota Pasuruan yang tersebar di 4 Kecamatan dengan pendapatan perbulannya di bawah Rp. 600.000.

"Paket sembako dijual dengan harga Rp.25.000, terdiri dari 3 Kg beras, 1 Kg gula pasir, 1 Liter minyak goreng, 5 bungkus mie instan. Pelaksanaan kegiatan pasar murah ini dimulai dari tanggal 21 Novermber hingga 24 Novermber 2022," jelas Yanuar Afriansyah, dalam siaran pers, Rabu (23/11/2022).

Dalam kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Pasuruan, H. Ismail Marzuki Hasan menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan positif yang memiliki dampak signifikan untuk masyarakat Kota Pasuruan ditengah keterpurukan pasca pandemi Covid-19.

Baca juga:
Gadis di Pasuruan Tewas Usai Disambar KA Sri Tanjung

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan perekonomian di Kota Pasuruan dapat bergerak naik sehingga apa yang menjadi kebutuhan dasar hidup masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

"Melalui kegiatan pasar murah ini, kondisi perekonomian yang hari ini sudah mulai berjalan dengan baik mampu untuk terus kita tingkatkan. Dengan harapan, perekonomian Kota Pasuruan juga terus bergerak naik," ucapnya.

Operasi pasar murah ini juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok yang saat ini sebagian di antaranya melambung tinggi. Masyarakat dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau, sehingga terjadi keseimbangan didalam pemasaran daya beli masyarakat dan tentunya ada perputaran uang yang stabil.

Baca juga:
Brio Dikemudikan Pelajar SMP Tabrak Ignis di Tol Gempol, Bocah 5 Tahun Terluka

Sebelum acara ini dibuka resmi oleh Ketua DPRP Kota Pasuruan, terlebih dahulu dilakukan penyerahan secara simbolis paket sembako murah kepada perwakilan penerima sembako oleh Ketua DPRD didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian Dan Pedagangan Kota Pasuruan dan Camat Bugul Kidul.