Pixel Code jatimnow.com

Waspada! Akses Bojonegoro-Nganjuk Putus, Ini Penyebabnya

Editor : Rochman Arief Reporter : Misbahul Munir
kondisi jalan yang putus (Foto tangkap layar video amatir warga for jatimnow.com
kondisi jalan yang putus (Foto tangkap layar video amatir warga for jatimnow.com

Jatimnow.com - Jalan darurat jembatan Kedungjati penghubung Bojonegoro-Nganjuk, tepatnya di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, ditutup sementara. Penutupan dilakukan dari dua arah, baik dari Bojonegoro menuju Nganjuk maupun sebaliknya.

Penutupan itu dilakukan akibat air dari Waduk Pacal meluap akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, Kamis (24/11/2022) sore. Akibanya jalan darurat itu tergenang dan membahayakan pengguna jalan. Saat ini masih dilakukan proses perbaikan oleh pihak rekanan.

Diketahui jalan darurat itu merupakan jalur alternatif yang dibuat karena jembatan Kedungjati masih dalam proses perbaikan.

Salah satu pengguna jalan Arifin, warga Kecamatan Temayang mengatakan bahwa jalan darurat itu tergenang akibat debit air di waduk yang meningkat. Penyebab utamanya adalah hujan deras yang mengguyur wilayah setempat.

Menurutnya, jalan itu adalah akses terdekat menuju ke Kecamatan Gondang dan Kabupaten Nganjuk.

Baca juga:
Dugaan Penipuan Berkedok Arisan Bodong, 1 Saksi Diperiksa Polres Bojonegoro

"Ditutup total mas, baik roda dua maupun roda empat tidak bisa lewat, karena jalannya dijebol untuk mengalirkan air dari Waduk Pacal masuk Kali Pacal," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro, Andik Sujarwo membenarkan penutupan jalan itu. Menurutnya penutupan dilakukan untuk menjaga keselamatan para pengguna jalan sekaligus untuk proses pengerjaan perbaikan yang dilakukan rekanan.

"Berdasar hasil koordinasi dengan DPU Provinsi Jatim dan PT Adhi Karya, selaku kontraktor, saat ini terjadi genangan di jalan darurat jembatan Kedungjati. Nah, ini yang membuat jalur tidak dapat dilalui baik R2 (roda dua) maupun R4," jawabnya saat dikonfirmasi jatimnow.com.

Baca juga:
Full Senyum! Bupati Anna Serahkan Mobil Dinas Baru untuk 28 Camat di Bojonegoro

Untuk itu, bagi para pengguna jalan dari arah Bojonegoro yang hendak menuju ke Nganjuk atau sebaliknya, diharap menghindari jalur Temayang/Waduk Pacal. Adapun jalur alternatif lain yakni memutar dengan melewati Kecamatan Bubulan, Sekar atau melintasi Gondang.

Hingga berita ini ditayangkan belum ada jawaban lebih lanjut dari dinas teknis terkait dan pihak rekanan.