Pixel Code jatimnow.com

Gali Potensi Desa di Kabupaten Kediri, Pemkab Gelar Anugerah Desa Wisata

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Penyerahan pengharagaan Anugerah Desa Wisata Kabupaten Kediri (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Kediri/jatimnow.com)
Penyerahan pengharagaan Anugerah Desa Wisata Kabupaten Kediri (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan penghargaan Anugerah Desa Wisata Tahun 2022. Acara digelar di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) pada Kamis (25/11/2022) malam.

Di Kabupaten Kediri saat ini telah berkembang 35 desa wisata dengan ciri yang beragam. Melalui Anugera Desa Wisata ini, pemerintah ingin terus menggali potensi mereka sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Saat ini alhamdulillah di Kabupaten Kediri mulai berkembang 35 desa wisata, masing-masing desa memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Wisata yang dikembangkan pun juga berbeda seperti wisata alam, budaya, seni, dan juga situs sejarah hingga kuliner," terang Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jumat (25/11/2022).

Menurut Suwignyo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan saat ini terus memberikan pembinaan agar desa ini memiliki paket wisata yang dapat disuguhkan dan memiliki ciri khas tersendiri.

Dengan adanya penganugerahan desa wisata ini diharapkan dapat membangkitkan motivasi desa-desa lain untuk berinovasi mengembangkan potensi yang ada di desanya. Tidak hanya alam yang dapat disuguhkan dalam desa wisata, tetapi budaya ataupun seni yang terdapat pada desa tersebut.

"Sehingga wisatawan dari luar kota/daerah yang datang ke Kabupaten Kediri dapat memilih wisata mana yang ingin dikunjungi. Selain desa wisata Kabupaten kediri juga memiliki wisata unggulan seperti lereng Gunung Wilis, Air Terjun Dolo, Wisata Gunung Kelud, Monumen Simpang Lima Gumul dan masih banyak lagi," terang Suwignyo.

"Selain wisata alam, kita juga punya tempat peninggalan sejarah seperti Candi Tegowangi, petilasan Sri Aji Joyoboyo, wisata religi Gereja Puhsarang, serta terdapat 1.700 organisasi seni yang sebagian besar seni jaranan," beber dia.

Baca juga:
Pastikan Pilkades Berjalan Lancar, Mas Dhito Cek Langsung ke TPS

Dalam Anugerah Desa Wisata ini, juara pertama diraih Desa Sempu Kecamatan Ngancar. Di mana sesuai kategori, desa tersebut memiliki paket wisata yang lengkap. Mulai dari kuliner, UMKM, destinasi wisata, tracking, wisata jeep menelusuri alam Desa Sempu, juga partisipasi masyarakat setempat yang cukup kompak.

Juara kedua diraih Desa Dawung, juara ketiga Desa Bringin, harapan pertama Desa Keling dan harapan kedua Desa Canggu.

Sementara Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa yang akrab disapa Mbak Dewi berharap, bagi desa yang juara agar lebih meningkatkan potensi wisata desa, sehingga akan dapat meningkatkan kunjungan masyarakat.

Baca juga:
Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Kediri, Mas Dhito: Cukup Bawa KTP ke RS

"Yang belum menang tetap semangat dan gali potensi desa yang bisa dipublikasikan untuk mengoptimalkan potensi desa agar masyarakat desanya lebih maju dan berkembang," ungkapnya.

"Jika suatu desa memiliki paket wisata, maka secara otomatis para pelaku UMKM juga akan terangkat dan ekonomi masyarakat juga meningkat," tandas Mbak Dewi.

(ADV)