Pixel Code jatimnow.com

Tips Perlengkapan Camping di Gunung untuk Pemula

Editor : Rochman Arief
foto: Tommy Lisbin/unsplash.com
foto: Tommy Lisbin/unsplash.com

jatimnow.com - Tegang. Perasaan ini kerap dihinggapi pendaki pemula. Apalagi jika pendakian langsung ke gunung yang memiliki ketinggian tertentu. Pastinya tantangan yang dihadapi jauh lebih berat.

Umumnya, pendaki pemula kerap gugup saat memasukkan daftar barang yang hendak dibawa. Tenang. Berikut perlengkapan yang perlu dibawa saat mendaki. Khusus pemula.

Jaket dan Celana Gunung

Saat di puncak cuaca kerap tidak bersahabat. Tidak jarang di tengah musim kemarau gerimis turun di puncak gunung. Itu sebabnya bawalah jaket dan celana gunung yang bisa melindungi tubuh dari cuaca dingin. Saat ini sudah banyak jaket dan celana yang antiair.

Jangan memakai celana atau jaket denim! Jenis ini tidak mudah kering apabila terkena embun atau hujan. Apalagi di saat udara ekstrem, tidak bisa melindungi kulit.

Sepatu dan Sandal Gunung

Perlengkapan ini penting guna melindungi kaki dari lecet atau luka-luka saat pendakian. Upayakan memakai sepatu yang nyaman dan pas agar tidak timbul masalah kaki.
Sandal gunung juga penting, agar kaki mendapat angin dan bisa diistirahatkan.

Tas Ransel

Pastikan tas yang dibawa adalah mountain bag atau tas gunung ransel. Jangan tas selempang. Upayakan tas yang sanggup menampung barang bawaan.

Sebab, Anda akan membawa barang kebutuhan selama di perjalanan hingga di perkemahan. Boleh juga sih, membawa tas kecil untuk membawa kamera atau ponsel.

Sleeping Bag

Saat ini sudah banyak sleeping bag yang ringkas, berbentuk matras tipis tapi empuk. Umumnya cukup untuk satu orang.

Baca juga:
Pramuka SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Digembleng di Claket

Perlu pula membawa matras sebagai alas sleeping bag saat tidur di dalam tenda.

Tenda

Tenda bukan sekadar untuk tidur saat berkemah. Tapi juga untuk melindungi dari hujan, dingin, cuaca ekstrim sebelum mencapai tujuan.

Sewaktu-waktu petugas datang menyampaikan kabar kepada pendaki untuk berhenti dan mendirikan tenda lantaran cuaca ekstrim. 

Bekal Makanan

Bawalah makanan seperlunya dan secukupnya. Bila perlu belanja kebutuhan saat di pasar sebelum memulai pendakian.

Baca juga:
Jokowi Camping di Titik Nol Ibu Kota Negara Nusantara, Ini Dampaknya

Harapannya agar tidak memberatkan perbekalan selama perjalanan. Bekal ini harus dibarengi membawa alat masak yang ringkas mudah disimpan maupun dibawa.

Peralatan penting lainnya headlamp bisa juga diganti senter biasa, tali, tongkat, lampu, kantung plastik untuk melindungi peralatan elektronik, sarung tangan, kaus kaki, korek api, pisau, penutup kepala, dan survival kit.

Ingat ya gaes, jangan meninggalkan sampah sembarangan. Apapun jenisnya. Bawa turun dan buanglah di tempat semestinya. 

Tips lain, jangan berisik selama pendakian karena gunung dijadikan tempat pemujaan bagi kelompok masyarakat tertentu.

Selamat mendaki.