jatimnow.com

Hendak Tawuran, Pelajar di Banyuwangi ini Keburu Tercyduk Polisi

Reporter : Erwin Yohanes
Para pelajar yang berhasil diamankan sebelum tawuran. 🔍
Para pelajar yang berhasil diamankan sebelum tawuran.

jatimnow.com - Percobaan tawuran yang melibatkan antar pelajar di Banyuwangi nyaris terjadi jika aparat kepolisian tidak bertindak dengan cepat. Mereka pun diciduk sebelum rencana itu terwujud.

Kapolsek Banyuwangi, AKP Ali Masduki mengatakan, informasi mengenai perkelahian antar pelajar dari SMK Gajah Mada dengan pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banyuwangi tersebut telah diketahui sejak tadi malam.

Maka dari itu sejak pagi, Jumat (3/8/2018) pagi pihaknya mengerahkan seluruh anggotanya untuk bersiaga di Jalan Adi Sucipto atau akses masuk menuju MAN Banyuwangi.

Loading...

"Pemicunya ada ketersinggungan di Medsos antara anak SMK dengan anak Aliyah (MAN). Kemudian anak-anak SMK ini mengkoordinir temannya untuk ke Aliyah, makanya kita sebar anggota untuk PAM itu," paparnya.

Pasca ini, katanya, pihaknya akan memanggil para wali murid, kedua kepala sekolah yang bersangkutan untuk musyawarah di Mapolsek Banyuwangi.

Sedangkan untuk para siswa yang terjaring dan dibawa ke Mapolsek akan diminta untuk membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya. "Sementara ini masih kita lakukan pembinaan kepada mereka," ujar Ali.

Sementara anggota kepolisian lainnya melakukan penyisiran di Stadion Diponegoro dan Gor Tawangalun Banyuwangi. Disitu pelajar dari SMK Gajah Mada tengah berkumpul.

"Tadi dari konvoi pelajar dan yang di GOR dan stadion 6 pelajar kita amankan," paparnya.

Sementara itu, ke enam pelajar yang diamankan ke Mapolsek Banyuwangi mengaku diberitahu teman-temannya bahwa ada siswa MAN yang menghina temannya di SMK.

Dari situ, kata salah satu siswa SC, sepakat membuat grup WhatsApp khusus. "Pulang sekolah kita diminta untuk berkumpul di GOR lalu ke Stadion untuk selanjutnya menuju ke MAN," katanya.

Meski demikian, SC dan beberapa temannya itu diamankan Polisi lebih dulu. Mereka mengaku ikut rombongan konvoi bersama pelajar SMK lainnya sebagai bentuk solidaritas.

"Kalau saya hanya ikut-ikutan saja," imbuh WH, pelajar yang lain.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Yohanes

Loading...