Pixel Code jatimnow.com

Luncurkan Trilogi Richer Mindset, Hermanto Tanoko Bagikan "Jimat" Orang Kaya

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Zain Ahmad
Hermanto Tanoko bersama istri dan anaknya saat menggelar press conference jelang peluncuran bukunya berjudul Trilogy of Inspirations Hermanto Tanoko Richer Mindset di Surabaya. (Foto: Wahyu Sutha/jatimnow.com)
Hermanto Tanoko bersama istri dan anaknya saat menggelar press conference jelang peluncuran bukunya berjudul Trilogy of Inspirations Hermanto Tanoko Richer Mindset di Surabaya. (Foto: Wahyu Sutha/jatimnow.com)

jatimnow.com - Hermanto Tanoko, pengusaha terkaya nomor 10 di Indonesia meluncurkan buku trilogi tentang perjalanan hidupnya dari masa kecil hingga menjadi seorang yang sukses.

Peluncuran berlangsung di Grand Ballroom Vasa Hotel Surabaya dalam sebuah acara bertajuk "60 Years of Realizing Dreams Hermanto Tanoko Richer Mindset, A Legacy Written", Kamis (1/12/2022).

Dalam acara itu, Hermanto Tanoko juga melakukan talkshow dengan Denny Sumargo selaku Cleo Ambasador yang dipilih sebagai host.

Konsep futuristik dalam acara ini sekaligus merupakan simbol Hermanto Tanoko yang dikenal sebagai visioner.

Para undangan dimanjakan dengan visualisasi masa depan pada dekorasi hingga konten-konten grafis visual yang ada dan semakin memperkuat tema acara.

Dalam acara tersebut, Hermanto Tanoko secara khusus mengenalkan sebuah buku berjudul "Trilogy of Inspirations Hermanto Tanoko Richer Mindset".

Buku ini akan melalui proses cetak pertama sebanyak 15.000 eksemplar atau 5.000 paket dengan harga per paket Rp499.000. Khusus pre order bisa mendapatkan tanda tangan Hermanto Tanoko secara langsung.

Buku perdananya terdiri dari tiga bagian. Buku pertama bertema The Boy. Menceritakan tentang memori masa kecil seorang Hermanto Tanoko ketika pertama kali mengenal bisnis.

"Saya banyak belajar bisnis dari kedua orang tua saya," ujar bos Tanrise Group itu kepada awak media.

Hermanto Tanoko bercerita banyak bagaimana melihat kedua orang tuanya harus berjuang mengumpulkan pundi rupiah dan mengajarinya berdagang mulai dari cara paling sederhana.

"Saat dapat angpau tiap Imlek, ibu saya menyarankan agar membeli tepung karena katanya harga barang itu akan naik dan uang saya akan bertambah," ulas pria yang juga pengusaha properti dan sejumlah pabrik ternama itu.

Dari situ, banyak pelajaran berharga ia petik. Tentang kegigihan, keuletan dan bagaimana mewujudkan sebuah mimpi dengan semangat bisnis tinggi.

Sementara itu, buku kedua berjudul The Man. Berisi tentang transformasi Hermanto Tanoko yang membawa nilai-nilai mulia yang ditanamkan oleh kedua orang tuanya dari kecil hingga beranjak dewasa.

Buku ketiga berjudul The Entrepreneur. Menceritakan sepak terjang Hermanto Tanoko dalam menggeluti dunia bisnis dengan berbagai macam lini bisnis yang telah dijalankannya. Seperti sektor properti, pabrik air minum, hingga pabrik cat.

Konsep trilogi ini dibuat sebagai inovasi untuk memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan kepada semua generasi dari berbagai kategori usia.

Baca juga:
Ini Dia Daftar 10 Orang Terkaya Dunia 2021 Versi Forbes

Hermanto mengungkapkan mindset purpose oriented sebagai salah satu kunci kesuksesan. Di mana semua pemikiran dapat berdampak positif bagi lingkungan secara berkelanjutan.

Hal itu ia lakukan sejak masih kecil. Karena itu ia membagikan tips menciptakan sejuta entrepreneur yang tengah ia rancang selama ini lewat berbagai program. Seperti IdeaCloud, Hermanto Tanoko Foundation, dan SMK Tanoko dalam waktu dekat.

Kendati demikian, Hermanto tak hanya terkenal sebagai pengusaha sukses. Namun juga family man luar biasa. Ia selalu mengatakan bahwa dukungan keluarga merupakan motivasi terbesar. Istrinya Sanderawati Joesoef serta kedua putrinya, Belinda Natalia dan Melisa Patricia adalah support system utama.

Sementara di balik semua gurita bisnisnya yang moncer, Hermanto Tanoko dikenal sebagai pengusaha low profile. Bahkan, ia paling tidak suka jika disebut crazy rich.

"Saya mau meluruskan, saya itu paling sering disebut crazy rich oleh media. Saya nggak senang itu, karena saya ini bukan crazy saya nggak gila," ungkap Hermanto berkelakar.

Justru buku ini akan menggambarkan bagaimana ia membangun Richer Mindset sesungguhnya dan menjadi legacy atau warisan bagi keluarganya maupun siapa saja yang ingin mengikuti jejak kesuksesan Hermanto Tanoko.

"Richer Mindset nggak melulu harus uang, tetapi bagaimana kita richer atau lebih kaya dari sisi pengalaman, pengetahuan dan kebaikan," ujarnya.

Hermanto Tanoko memiliki value dari perusahaan dan keluarga. Ia membocorkan sebuah rahasia sukses sesuai judul buku trilogi tersebut.

Rupanya, Richer adalah sebuah akronim. Terdiri dari Respect, Integrity, Commitment, Happiness, Excellent dan Relationship. Sebuah jimat berharga yang mengawal 60 tahun perjalan hidupnya.

Hermanto mengatakan, Respect memiliki makna menghormati dan mau mendengarkan pendapat dari keluarga lain yang berbeda. Sedangkan Integrity ia sebuat sebagai pondasi utama di dalam keluarga maupun berbisnis. Begitu pula dengan Commitment dan Happiness atau berbahagia dengan mensyukuri apa yang dimiliki.

"Bahagia menurut saya bukan karena kaya raya, punya kedudukan tinggi, terkenal atau gelar panjang. Kebahagiaan itu dari dalam diri kita sendiri," ungkapnya.

Kemudian, Excellent dalam bidang yang digeluti dan Relationship atau menjalin hubungan baik antara keluarga, teman-teman dan relasi.

"Jadilah nomor satu dan yang terbaik," pungkas pemilik cat bermerek Avian dan juga bos dari produsen air mineral dalam kemasan dengan merek Cleo.