Pixel Code jatimnow.com

Wow, Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan Terbanyak KIP Award

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat wawancara KIP Award. (Foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat wawancara KIP Award. (Foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)

jatimnow.com - Tiga penghargaan diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KI Awards) yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jatim.

Ketiga penghargaan itu yakni predikat Badan Publik Informatif, Terbaik Badan Publik Mengumumkan Informasi Publik, dan Terbaik Badan Publik Pengelolaan dan Pendokumentasian Informasi Publik.

Kota mojokerto menjadi pemerintah kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan terbanyak pada Anugerah KI Awards.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, keberhasilan ini berkat kerja sama seluruh pihak yang luar biasa dalam menyajikan pengelolaan informasi publik.

"Terima kasih atas kerja sama yang luar biasa sehingga Pemerintah Kota Mojokerto bisa mendapatkan tiga predikat sekaligus, dan menjadi pemerintah kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan terbanyak pada Malam Anugerah KI Awards," kata Ika Puspitasari, Jumat (2/12/2022).

Ning Ita menambahkan, pencapaian prestasi yang telah diraih diharapkan dapat memacu semangat dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik dengan terus memperkuat komitmen, koordinasi dan inovasi tentang pelayanan publik.

"Tentu kita tidak berpuas diri. Kita jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus melakukan perbaikan dan pembenahan, khususnya informasi dan pelayanan publik," tuturnya.

Baca juga:
Jelang Pembangunan Taman Bahari Mojopahit, Ning Ita Audiensi Bersama Menparekraf

Kadiskomfo Kota Mojokerto ketika menunjukkan KIP Award yang diraih. (Foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)Kadiskomfo Kota Mojokerto ketika menunjukkan KIP Award yang diraih. (Foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)

Sebelumnya, Pemerintah Kota Mojokerto telah melalui beberapa tahapan penilaian, mulai dari administrasi, visitasi lapangan, hingga proses wawancara dengan Komisi Informasi Provinsi Jatim.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak yang turut hadir dalam Malam Anugerah KI Award mengatakan, bahwa baiknya keterbukaan informasi setiap badan publik, akan berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan masyarakat.

"Sekali lagi saya sampaikan bahwa keterbukaan informasi ini sangat penting. Mengapa begitu? Sebab, jika pemerintah tak bisa membuka informasi kepada publik, dapat diartikan bahwa pemerintah tersebut tidak bisa dipercaya," tegasnya.

Baca juga:
Pemkot Mojokerto Raih Peringkat 1 Kota Terinovatif IGA 2022

Menurutnya, bahwa bukan hanya memberikan keterbukaan informasi, tetapi badan publik juga diharapkan bisa memberikan kemudahan dalam mengaksesnya. Dengan begitu akan memudahkan masyarakat untuk menjangkau sebuah informasi yang disediakan pemerintah.

Sementara Ketua Komisi Informasi Provinsi Jatim Imadoeddin dalam sambutannya mengatakan bahwa Malam Anugerah KI Awards merupakan puncak dari rangkaian monitoring informasi yang dilakukan Komisi Informasi Provinsi Jatim.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka untuk memotret tingkat kepatuhan badan publik yang ada di Jatim terhadap implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)," pungkasnya.