Pixel Code jatimnow.com

MTQ Kabupaten Kediri 2022 Siap Cetak Qori dan Hafid Terbaik

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Lomba MTQ Kabupaten Kediri 2022 (Foto-foto: Dinas Kominfo Kabupaten Kediri/jatimnow.com)
Lomba MTQ Kabupaten Kediri 2022 (Foto-foto: Dinas Kominfo Kabupaten Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Kediri Tahun 2022 berlangsung di area masjid An-Nur Pare.

Sebanyak 282 kafilah di Kabupaten Kediri berkompetisi menunjukkan bakat terbaiknya. Nantinya para pemenang akan menjalankan kompetisi di tingkat Jawa Timur.

Lomba MTQ terbagi menjadi 8 cabang, yaitu Tilawah AI-Qur'an Golongan Dewasa dan Qira'at AI Qur'an, Hifzh Al-Qur'an Golongan 20 dan 30 Juz, Hifzh Al Quran Golongan 10 Juz, Tilawah Al Quilan Golongan Tartil Al-Quran, Tilawah Al Quran Golongan Anak-anak, Tilawah Al-Qur'an Golongan Tartil Al-Qur'an, Tilawah Al-Qur'an Golongan Remaja, serta Khat Al-Qur'an.

Dari 8 cabang, ada satu jenis cabang yang menarik perhatian, yaitu cabang Khat Al-Qur'an. Di mana para peserta berfokus pada seni menulis Arab dengan indah yang merupakan warisan budaya umat Islam yang terus berkembang.

"Musabaqoh Khattil Qur'an terdiri dari 4 golongan, mulai dari naskah, lisan pusat, dekorasi, dan konteporer. Di sini untuk diketahui semua tulang punggung prestasi yang dibawa ke tingkat nasional dan dari Kabupaten Kediri juga merupakan andalan Jawa Timur di tingkat nasional untuk golongan Khattil Qur'an," jelas Ketua Majelis dari Golongan Khattil Qur'an, Achmad Yusron, Jumat (2/11/2022).

Untuk diketahui, salah satu golongan Khattil Qur'an adalah golongan naskah yang tanpa argumen jadi penilaian murni khaidah tulisan huruf dan untuk golongan musab Al-Qur'an mengacu pada halaman awal musab Al-Qur'an yang penulisan nya di berikan ornamen di atas kertas.

Baca juga:
Pemkab Kediri Anggarkan Hibah Rp4 Miliar untuk Percepat PTSL

"Dari banyak kecamatan di kabupaten Kediri saya lihat semuanya bersaing dengan ketatat karena yang lolos nasional kemarin juga terbagi dari beberapa kecamatan sedangkan ini saya melihat kekuatan dalam kompetisi ini hampir merata dan lebih banyak dari tahun kemarin. Terlebih kegiatan ini baru berlangsung setelah pandemi 2 tahun lamanya," tambahnya.

Sementara Ketua Cabang Tilawah, Sabrudin Abror mengatakan, kegiatan hari ini berjalan lancar dari tahun ke tahun setelah pandemi. Antusias dari peserta baik cabang tilawah atau cabang yang lain semakin menunjukan integritas yang lebih baik.

Baca juga:
Mas Dhito Pastikan Pembangunan Jembatan Jongbiru Dimulai Mei 2023

"Untuk cabang tilawah sendiri terdiri dari banyak kategori, di antaranya tartil, juz tilawah, mulai dari tingkat anak-anak, remaja, dewasa, dan qira'at," jelasnya.

"Semuanya memiliki teknis perlombaan masing-masing, serta tingkat bersaing yang berbeda. Sabarudin juga menambahkan, ke depannya semoga Kabupaten Kediri banyak mewakili Jawa Timur dan tingkat nasional untuk beberbagai cabang. Semoga kegiatan sebagai ajang tahunan yang menjadi lebih baik di segala aspek dan untuk seluruh peserta diharapkan terus berlatih," tandas Sabrudin.

(ADV)