Pixel Code jatimnow.com

Pemkot Pasuruan Bangun Harmonisasi Parpol Hadapi Pemilu 2024

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Moch Rois
Sosialisasi Kelembagaan Partai Politik dalam Rangka Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024 (Foto: Pemkot Pasuruan)
Sosialisasi Kelembagaan Partai Politik dalam Rangka Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024 (Foto: Pemkot Pasuruan)

jatimnow.com - Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) membuka Sosialisasi Kelembagaan Partai Politik dalam Rangka Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024, di Aula Hotel BJ Perdana kota setempat.

Dalam sambutannya pada Kamis (1/12/2022) itu, Mas Adi mengatakan jika demokrasi harus dibangun bersama dengan kesadaran warganya, masyarakatnya dan yang lebih penting kesadaran politik sebagai pilar demokrasi memujudkan kedaulatan politik dan rakyat.

Salah satu fungsi dilahirkannya partai politik (parpol) adalah untuk sebagai alat mengagresiasi kepentingan masyarakat, dalam sistem demokrasi.

"Demokrasi saat ini mengalami peningkatan yang cukup luar biasa. Kita patut bersyukur Bangsa Indonesia termasuk negara yang demokratis. Partai politik pun harus beradaptasi, bertransformasi seiring dengan perubahan dinamika politik yang ada di masyarakat," jelas Mas Adi.

Menurut Mas Adi, pelaksanaan pemilu saat ini sudah mengalami peningkatan, contohnya akan tergelarnya pemilu serentak di Tahun 2024. Di satu sisi, masyarakat juga mengalami dinamika perubahan ke arah positif, yaitu pola mobilisasi politik dalam Pemilu mulai beralih ke pola partisipasi.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan dan Bulog Gelar Operasi Pasar untuk Tekan Harga Beras

"Setiap momentum politik kita tidak terjebak pada perpisahan yang justru jauh dari spirit kita membangun kedaulatan rakyat. Kalau dulu, kita berbeda partai politik mungkin tidak bisa duduk satu meja. Tetapi hari ini, boleh dikatakan kita berbeda politik duduk dalam satu meja itu menjadi hal yang biasa," ungkapnya.

Bagi Mas Adi, pemilu tidak hanya event 5 tahunan. Akan tetapi pemilu adalah sebagai simulasi pemilihan kepemimpinan nasional hingga kepemimpinan daerah.

Baca juga:
Februari Bulan Gerindra

"Saat ini, di Kota Pasuruan ada 9 partai politik yang sudah mendapatkan kursi di DPRD. Untuk pemilu serentak Tahun 2024 nanti, total ada 23 partai politik yang sudah terdaftar dan ada 14 partai politik yang tidak lolos," tambahnya.

Sosialisasi ini juga dihadiri Ketua DPRD, Plt Kepala Kesbangpol, Ketua Bawaslu Kota Pasuruan, asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah dan camat diikuti partai politik di Kota Pasuruan.