Pixel Code jatimnow.com

Sindikat Maling Motor Spesialis Rumah Kos Gentayangan di Sidoarjo

Editor : Rochman Arief Reporter : Zainul Fajar
foto: tangkapan layar.
foto: tangkapan layar.

jatimow.com – Aksi pencurian oleh sindikat maling sepeda motor spesialis rumah kos di Sidoarjo kembali terjadi. Kali ini aksi kawanan maling terekam CCTV saat menggasak dua motor sekaligus, di kawasan Sukorejo, Buduran, Sidoarjo.

Jono (25) warga sekitar saat ditemui di lokasi memaparkan bahwa kejadian pencurian tersebut terjadi pada Kamis (1/12/2022) sekitar pukul 03.45 WIB.

“Sepeda motor yang dicuri dalam semalam itu ada dua, keduanya Honda Beat keluaran terbaru. Satu milik ibu kos dan yang satu milik penghuni kos,” ujar Jono. Minggu (4/12/2022).

Ia menjelaskan bahwa dalam menjalankan aksinya, kawanan maling motor ini berjumlah empat orang dengan tugas yang berbeda-beda.

“Mereka berboncengan dengan dua motor. Kalau dari rekaman CCTV, satu orang berjaga di depan untuk mengawasi, satu orang masuk ke dalam parkiran kos sebagai eksekutor dengan cara perusak kunci, dan dua lainnya masuk paling terakhir ketika motornya sudah ready untuk diambil,” imbuhnya.

Baca juga:
Rumah Kos dan Laundry Surabaya Terbakar, Penghuni Dievakuasi di Tengah Asap

Jono menambahkan bahwa semua pelaku saat menjalankan aksinya menggunakan masker, jaket dan bertopi. Penyamaran ini diduga kuat untuk mengelabuhi penghuni kos.

“Soalnya gelagat mereka persis seperti warga sekitar. Tahunya saat pagi, penghuni kos melihat kalau sepeda motornya sudah raib. Baru siangnya lapor ke Polsek Buduran,” terangnya.

Baca juga:
Banyak Orang Cangkruk Kok Nekat Nyolong Motor, Ya Nyonyor...

Tidak hanya itu, Jono menambahkan jika tiga hari sebelum pencurian di rumah kos, di seberang kawasan rumah kos juga terjadi pencurian kotak amal dan seekor burung peliharaan milik warga.

“Kita menduganya sih sindikat, karena pelakunya sama. Bisanya dilakukan pas subuh mas,” pungkasnya.