Pixel Code jatimnow.com

Jembatan di Pacitan Ambrol, Belasan Korban Jatuh Terbawa Arus Sungai

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
Jembatan putus di Pacitan. (Foto: Doyok for jatimnow)
Jembatan putus di Pacitan. (Foto: Doyok for jatimnow)

jatimnow.com - Sebuah jembatan penghubung antar-desa di Desa Borang, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan runtuh, Minggu (04/12/2022). Dilaporkan belasan orang terbawa arus sungai, dua diantaranya harus dilarikan ke rumah sakit.

"Tadi pagi kejadiannya. 12 orang yang terbawa arus. 10 orang selamat, 2 dilarikan ke rumah sakit," ujar Kepala Desa Borang, Lilik Hidayat, Minggu sore

Dia menerangkan jembatan sepanjang 12 meter lebar 4 meter itu tiba-tiba ambruk. Tiang jembatan yang berada di sisi timur jembatan ambles. Kedua badan jembatan putus dengan kedua ujungnya ambrol ke sungai.

Runtuhnya jembatan tersebut membuat 6 orang yang sedang berada di atas jembatan jatuh ke sungai. Sedangkan 6 orang yang di bawah jembatan juga terbawa arus sungai. Dua orang dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis.

"Saat kejadian ada orang pekerja. Juga perangkat desa. Mereka berada di atas jembatan. Juga ada yang di bawah jembatan,” kata Lilik.

Baca juga:
Nyaris Ambrol Jembatan di Kota Batu Ditutup

Dia mengaku, 12 orang tersebut sedang melakukan perbaikan jembatan. Pasalnya kondisinya sudah ambles akibat bencana alam banjir pada bulan lalu.

"Tiba-tiba tiang penyangga jembatan tersebut ambles ke bawah sehingga belasan orang itu ada yang terbawa jatuh ke air bersamaan dengan runtuhnya badan jembatan. Yang di bawah juga begitu," jelasnya.

Menurutnya, jembatan yang runtuh sedang dalam proses perbaikan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pacitan, Minggu (4/12/22) pagi.

Baca juga:
Tinjau Jembatan Putus di Ponorogo, Bupati Sugiri: Problemnya Sampah

"Korban ada dua orang. Keduanya pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum Pacitan. Untuk kondisi saat ini masih dalam pemeriksaan medis di Rumah Sakit Umum dr Darsono Pacitan. Sedangkan puluhan orang lainnya mengalami luka ringan dan sudah kembali ke rumah," imbuhnya

Kini akaes antara Desa Borang dengan Desa Gembong serta kota Kecamatan Arjosari putus total. Pihak desa akan membangun jembatan darurat agar peputaran roda perekonomian, pendidikan dan kesehatan warga tetap berjalan.