Pixel Code jatimnow.com

Seribu Personel Amankan Pilkades Serentak di Kediri

Editor : Rochman Arief Reporter : Yanuar Dedy
Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho memberikan pengarahan kepada tim gabungan pengamanan Pilkades serentak. (Foto : Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho memberikan pengarahan kepada tim gabungan pengamanan Pilkades serentak. (Foto : Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sedikitnya 1.000 lebih personel gabungan dari Polres Kediri, Brimob dan Dalmas Polda Jawa Timur disiagakan dalam pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kediri.

Hari ini, ribuan personel tersebut mengikuti apel pergeseran pasukan di Lapangan Canda Bhirawa, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Selasa (6/12/2022). Mereka akan langsung menuju 55 desa, sehari menjelang pemilihan kepala desa.

“Kita juga bergabung dengan Pemerintah Kabupaten Kediri, TNI dan kejaksaan, untuk memberikan pengamanan kepada kegiatan pesta Pemilihan Kepala Desa di 55 desa (wilayah hukum Polres Kediri),” kata Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho, Selasa (6/12/2022).

Terkait titik kerawanan, hingga saat ini Kapolres Kediri menyebut seluruh wilayah masih dalam kondisi aman. Hanya saja pihaknya tetap melakukan langkah antisipasi melalui sejumlah cara.

Tak hanya berpatroli di 55 desa penyelenggara Pilkades serentak, pihaknya juga menyiapkan tim khusus untuk melakukan pemantauan terhadap pelanggaran lain. Misalnya kampanye berbau SARA di media sosial.

Baca juga:
60 Penumpang Bus Bagong di Kediri Lolos dari Maut, Begini Ceritanya

“Kita juga ada tim berkaitan dengan operasi di media sosial terkait kampanye-kampanye SARA,” tambahnya.

Tim Tindak juga akan melakukan pemantauan terhadap kemungkinan adanya perjudian atau botoh, terlebih dalam masa tenang.

Baca juga:
Belasan Pesilat di Kediri Diamankan Polisi

“Tim Tindak dari serse (Satuan Reserse Kriminal) ini juga akan melakukan pemantauan apabila ada perjudian-perjudian terkait pemilihan kepala desa,” tegas Kapolres Kediri.

Sebagai catatan, pelaksanaan Pilkades serentak 2022 diadakan di 57 desa dalam 13 kecamatan. Dua desa berada di Kecamatan Mojo yang masuk wilayah hukum Polres Kediri Kota. Sedangkan Pilkades serentak diikuti oleh 155 calon, di mana 42 merupakan incumbent.